Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai 3 Penyakit Ini di 2017

Jum'at, 30 Desember 2016 - 02:30 WIB
Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai 3 Penyakit Ini di 2017
Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai 3 Penyakit Ini di 2017
A A A
JAKARTA - Menyambut pergantian tahun, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr M Subuh menekankan masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan. Pasalnya, di tahun 2017, beberapa penyakit berbahaya akan kembali menjangkit.

Menurut Subuh, penyakit tersebut bukanlah penyakit baru, melainkan penyakit yang sudah pernah hilang namun muncul kembali. Seperti halnya penyakit virus zika dan demam berdarah dengue (DBD) yang masih akan menjadi masalah pada tahun 2017 mendatang.

"Contohnya zika, itu kan bukan new emerging tapi reemerging yang kita lupakan tapi muncul kembali. Ini yang harus kita waspadai. DBD adalah penyakit emerging yang jadi langganan kita, penyakit ini harus diantisipasi pada tahun 2017 mendatang," papar dr M Subuh saat Jumpa Pers di Kemenkes, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Selain virus zika dan DBD, penyakit flu burung juga diprediksi masih akan menjangkiti Indonesia. Hal ini disebabkan oleh tingginya kasus kematian akibat flu burung di China. Oleh karena itu, untuk mecegah flu burung, Kementerian Kesehatan RI akan membuka pusat pemantauan penyakit epidemi (Epidemiologist Operation Centre) selama 24 jam di Indonesia.

"Dengan EOC ini kita bisa memantau penyakit apa saja yang diidap masyarakat Indonesia selama 24 jam. Kita bekerja sama dengan jaringan di negara-negara lain seperti CDC Atlanta USA, Asia Timur dan sebagainya untuk saling bertukar informasi terkini seputar penyakit yang sedang jadi epidemi," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3517 seconds (0.1#10.140)