Tips Anak Semangat Sekolah Pascaliburan

Senin, 02 Januari 2017 - 22:24 WIB
Tips Anak Semangat Sekolah Pascaliburan
Tips Anak Semangat Sekolah Pascaliburan
A A A
JAKARTA - Waktu libur sebentar telah selesai. Namun, Anda harus mewaspadai anak-anak yang malas untuk kembali sekolah pascalibur panjang. Tidak sedikit di antara mereka rewel dan memilih membolos.

Seperti dilansir WebMD, jika hal tersebut terjadi pada Anda, berikut tips agar anak tak malas sekolah setelah berlibur.

1. Atur waktu tidur
Berlibur kerap membuat waktu anak menjadi tidak teratur, seperti jam tidur yang terlalu malam. Akibatnya, anak merasa malas bangun pagi saat masuk sekolah nanti. Oleh karena itu, berikan waktu selama satu minggu sebelum liburan berakhir untuk kembali mengatur waktu tidurnya.

2. Berikan aktivitas yang teratur
Aktivitas yang berulang dipercaya membantu anak untuk tidur tepat waktu dan kembali memiliki rutinitas. Seperti memasang waktu untuk jam makan malam, memberikan batasan waktu untuk bermain komputer, video game dan menonton televisi. Namun, pastikan rutinitas tersebut tidak terlalu banyak.

3. Biasakan berangkat sekolah
Psikolog keluarga David Swanson menjelaskan orang tua harus merencanakan sesuatu sebagai masa transisi dari libur dengan waktu berangkat ke sekolah. Anda bisa membiasakan si kecil untuk berangkat sekolah pada satu minggu sebelum hari masuk sekolah.

Selain itu, Co-author dari The Sleepeasy Solution The Exhausted Parent's Guide to Getting Your Child to Sleep, Jill Spivack menyarankan untuk berdiskusi bersama anak dan menjelaskan manfaat tidur cukup bagi kesehatan. Tidur yang cukup bisa menghindari si kecil dari masalah kesehatan fisik dan mental.

4. Ajak si kecil membeli peralatan sekolah baru
Untuk mengembalikan semangat anak kembali sekolah, Anda bisa mengajaknya untuk membeli beberapa peralatan sekolah baru. Biarkan dia memilih sendiri apa yang disukanya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4253 seconds (0.1#10.140)