Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Konsumsi Antibiotik

Sabtu, 07 Januari 2017 - 01:21 WIB
Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Konsumsi Antibiotik
Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Konsumsi Antibiotik
A A A
JAKARTA - Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat memicu infeksi resistensi antibiotik atau kekebalan terhadap antimikroba. Keadaan ini menjadi salah satu masalah kesehatan global yang mengancam masyarakat.

Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi antibiotik dengan tepat. Selain itu, pastikan tidak mengonsumsi antibiotik bersamaan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Seperti dilansir Times Of India, berikut ini makanan dan minuman yang tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan antibiotik.

1. Susu dan produk susu
Mengonsumsi antibiotik dengan susu dan produk susu akan mengurangi efek antibiotik yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya akan mudah diare.

2. Alkohol
Mengonsumsi antibiotik bersamaan dengan mengonsumsi alcohol sangat tidak dianjurkan. Minuman jenis ini akan memberikan efek samping seperti, pusing dan berbagai macam masalah pencernaan lainnya.

3. Zat besi dan suplemen kalsium
Zat besi dan kalsium akan mengganggu penyerapan antibiotik. Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi dengan jarak 3 jam untuk mengatur antara minum antibiotik dan suplemen yang mengandung zat besi dan kalsium.

4. Makanan dengan rasa asam
Hindari makanan dengan rasa asam seperti tomat, cokelat, lemon, jeruk bali dan minuman ringan saat mengonsumsi antibiotik. Minuman jenis ini akan menghambat proses penyerapan antibiotik.

5. Makanan tinggi serat
Makanan dengan tinggi serat di percaya memperlambat penyerapan makanan dalam perut yang dapat menunda laju penyerapan antibiotik dalam tubuh.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6510 seconds (0.1#10.140)