Manfaat Es untuk Kaki Keseleo

Rabu, 11 Januari 2017 - 07:17 WIB
Manfaat Es untuk Kaki Keseleo
Manfaat Es untuk Kaki Keseleo
A A A
JAKARTA - Hampir semua orang pernah mengalami terkilir, baik pada pergelangan kaki maupun tangan. Terkilir atau sering disebut keseleo terjadi karena adanya robekan atau peregangan pada ligamen, juga terjadi karena penggunaan otot yang berlebih dan tidak tepat, keseleo sendiri paling sering mengenai otot punggung bawah, leher, pundak, dan paha.

Sementara, pada pergelangan kaki, keseleo terjadi ketika ligamen atau jaringan ikat keras yang menghubungkan tulang-tulang kaki cedera. Posisi kaki yang berubah atau memutar secara tiba-tiba dapat membuat ligamen meregang terlalu jauh atau bahkan sobek.

Begitu pula jika menapakkan kaki dengan sudut yang salah atau menggunakan terlalu banyak tenaga, ligamen dapat tersentak. Padahal sejatinya, ligamen berfungsi untuk membantu menstabilkan sendi dan mencegah gerakan yang berlebihan.

Saat ini, keseleo erat kaitannya dengan penggunaan es sebagai pengobatan. Es dikenal sebagai tangkal penyembuh keseleo. Bahkan, penyembuhan dengan es telah diberi nama ilmiah, RICE (rest, ice, compression and elevation) seperti dilansir Foxnews.

Istilah Rest adalah istirahatkan kaki yang keseleo. Hentikan segala kegiatan untuk mengurangi rasa sakit pada area yang cedera. Ice atau dingin akan mengurangi rasa sakit dan bengkak. Segera kompres menggunakan es, atau blue ice untuk meminimalkan bengkak selama 10-20 menit, sehari 3 kali.

Setelah 48 - 72 jam, dan kaki tidak lagi bengkak, kompres area yang cedera dengan air hangat. Jangan langsung mengompres es, atau air hangat langsung di atas kulit. Gunakan handuk atau kain untuk melapisi kulit.

Compression atau kompresi, bebat area yang cedera menggunakan kain perban elastis untuk mengurangi rasa sakit. Jangan bebat terlalu ketat karena malah akan semakin menambah bengkak pada kaki yang cedera. Konsultasikan pada dokter, apakah Anda perlu menggunakan perban setelah 48 - 72 jam.

Sedangkan Elevation adalah menaikkan area yang cedera di atas dada. Jika kaki Anda yang keseleo, baringkan tubuh Anda dengan posisi kaki ke atas. Ganjal menggunakan bantal, selagi kaki Anda dikompres dengan es batu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3660 seconds (0.1#10.140)