Ini Pentingnya Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Kamis, 26 Januari 2017 - 22:30 WIB
Ini Pentingnya Menjalankan Gaya Hidup Sehat
Ini Pentingnya Menjalankan Gaya Hidup Sehat
A A A
JAKARTA - Rutinitas yang padat mengharuskan setiap orang menjalankan gaya hidup sehat. Pasalnya, mengutamakan kesehatan bisa mendukung kehidupan sehari-hari dan mencegah berbagai macam masalah kesehatan.

"Oleh karena itu, pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang sebagai acuan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai hidup sehat," papar Dosen Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta sekaligus Anggota Bidang Penelitian dan pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia, Dr. Marudut, MPS saat diskusi Resolusi Untuk Keluarga Sehat Indonesia di Midtown, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Berdasarkan peraturan tersebut, untuk mencapai hidup sehat diperlukan adanya pemenuhan gizi seimbang yakni zat gizi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Seperti halnya mengonsumsi makanan yang beraneka ragam dan anjuran melakukan aktivitas fisik untuk mempertahankan berat badan yang normal.

"Dampak konsumsi makanan yang tidak memenuhi kebutuhan itu kurang gizi, stunting, westing (kurus), gizi buruk, kelebihan berat badan, obesitas, pencernaan kurang baik, daya tahan tubuh rendah dan lebih mudah terkena penyakit tidak menular, diabetes, hipertensi dan kardiovaskular," kata dia.

Menurut Marudut, gaya hidup sehat merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Gaya hidup sehat tidak hanya secara fisik tapi juga mental, spiritual, sosial agar bisa hidup secara produktif secara sosial dan ekonomi.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4824 seconds (0.1#10.140)