Jangan Khawatir, Kusta Bisa Disembuhkan!

Sabtu, 28 Januari 2017 - 03:29 WIB
Jangan Khawatir, Kusta Bisa Disembuhkan!
Jangan Khawatir, Kusta Bisa Disembuhkan!
A A A
JAKARTA - Masih banyak orang khawatir akan penyakit kusta yang tidak bisa sembuh. Namun, ditegaskan Direktur Jenderal Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr HM Subuh MPPM bahwa penyakit itu bisa disembuhkan jika mendapatkan penanganan dini.

"Pesan pentingnya kusta dapat disembuhkan tanpa cacat bila ditemukan secara dini dan diobati dengan cepat," kata dr Subuh pada acara Hari Kusta Sedunia di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Oleh karena itu, penting adanya peran utama atau dukungan dari keluarga agar pasien benar-benar bisa sembuh. Dr Subuh juga menyarankan agar masyarakat turut aktif segera melaporkan jika terdapat kasus kusta disekitarnya.

Berdasarkan data, di 2015 dari 34 provinsi di Indonesia baru 20 provinsi yang berhasil di eliminasi. Artinya masih ada 14 provinsi di Indonesia yang belum terbebas dari penyakit kusta ini.

"Kalau kita menginginkan, 2019 semua provinsi dieliminasi kusta, harus ada upaya percepatan dari sisi program yaitu harus melakukan aktif case finding, pendekatannya lewat keluarga," jelasnya.

"Berdasarkan data, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan semua daerah Sulawesi, Maluku dan Papua itu belum bisa mengeliminasi kusta. Namun dari tahun lalu dalam RPJMN 2015-2019, sudah ditargetkan eliminasi per provinsi," pungkas dia.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5882 seconds (0.1#10.140)