Bermain Piano Rahasia Umur Panjang Lansia di Spanyol

Selasa, 31 Januari 2017 - 10:18 WIB
Bermain Piano Rahasia Umur Panjang Lansia di Spanyol
Bermain Piano Rahasia Umur Panjang Lansia di Spanyol
A A A
JAKARTA - Selain Jepang, Spanyol merupakan negara dengan harapan hidup tertinggi. Tercatat Spanyol memiliki lebih dari 100.000 gaya hidup sehat yang bisa mencapai 100 tahun atau lebih. Seorang fotografer Reuters, Andrea Comas pun membuktikan hal tersebut.

Selama setahun, Andrea mewawancarai ratusan orang Spanyol yang panjang umur di wilayah Asturias hingga pulau Balearic, Menorca. Hasil wawancara tersebut menunjukkan, bahwa harapan hidup mereka yang lahir di Spanyol rata-rata 83,2 tahun. Wanita dan pria Spanyol juga diketahui memiliki semangat hidup yang tinggi.

Tak hanya itu, wawancara ini juga menemukan, mereka sangat suka seni, bertani hingga merawat anak cacat. "Mayoritas orang-orang tua dikelilingi oleh keluarga atau orang-orang yang mencintai mereka sehari-hari. Di sana, ikatan keluarga adalah hal yang terpenting," papar Andrea. Lantas apa saja rahasia panjang umur lansia di Spanyol? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Daily Mail.

1. Bermain piano
Salah satu lansia di Spanyol, Pedro Rodriguez piano tidak sekedar alat musik. Pria berusia 106 tahun ini mengaku setiap hari memainkan piano bersama sang istri yang lebih muda 20 tahun darinya. Kegiatan ini dipercaya bisa membuatnya awet muda.

2. Konsumsi madu setiap hari
Madu dipercaya menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Hal ini juga dirasakan oleh Rafaela Pons, lansia berusia 102 tahun dari Ferreries, di Balearic island of Menorca. Kebiasaannya mengonsumsi madu setiap hari dinilai membuat tubuhnya sehat.

3. Berkebun
Berkebun merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan lansia di Spanyol. Seperti Pilar Fernandez yang berusia 101. Tinggal sesama putri dan sang cucu, Pilar rutin menanam sayur dan mengonsumsinya setiap hari.

4. Mengonsumsi Gazpacho
Terbuat dari tomat dan sup mentimun, makanan ini digemari banyak lansia di Spanyol. Pasalnya, tak hanya lezat, makanan tradisional ini juga menyehatkan. Hal tersebut diungkapkan oleh Maria Josefa Guillen yang berusia 103 tahun.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2954 seconds (0.1#10.140)