Bahayanya Sisa Nikotin Rokok

Kamis, 02 Februari 2017 - 09:32 WIB
Bahayanya Sisa Nikotin Rokok
Bahayanya Sisa Nikotin Rokok
A A A
Nikotin dari asap rokok dapat menempel sampai berbulan-bulan di perabot rumah dan sulit hilang kecuali dicuci bersih. Nikotin bisa menempel pada baju, gorden, sofa, karpet, kasur, dan semua yang terkena asap rokok. Bayangkan jika nikotin itu menempel pada paru-paru anak, istri, dan bahkan diri sendiri.

Ada dua kelompok orang yang berisiko tercemar asap rokok. Pertama adalah orang yang menghirup zat berbahaya dari benda yang sudah tercemar oleh asap rokok (third hand smoke). Kedua adalah orang yang menghirup asap dari perokok walaupun ia sendiri tak merokok. Kelompok kedua ini biasanya disebut perokok pasif (second hand smoke).

Kedua kelompok orang ini, menurut Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K) dari RSUP Persahabatan, sangat mungkin mengidap penyakit akibat racun dari asasp rokok. "Penelitian membuktikan bahwa anak dan wanita yang di rumahnya ada perokok mempunyai kadar nikotin 4-5 kali lebih tinggi dibanding yang tidak. Mencegah lebih baik daripada mengobati,"katanya.

Nikotin (C10H14N2) merupakan senyawa organic alkaloid. Pada umumnya terdiri dari karbon, hidrogen, nitrogen, dan terkadang juga oksigen. Senyawa kimia alkaloid ini memiliki efek kuat dan bersifat stimulan terhadap tubuh manusia. "Nikotin dapat terserap dalam tubuh melalui kulit, paru-paru, dan pada bagian dalam mulut atau lapisan dalam hidung kita," ungkapnya.

Baca lengkapnya bahaya nikotin asap rokok ini di Tabloid GENIE, Edisi 20/XII/2017, yang terbit Kamis (2/2/2017).
Bahayanya Sisa Nikotin Rokok
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5391 seconds (0.1#10.140)