Rutin Olahraga Bisa Cegah Pikun

Kamis, 02 Februari 2017 - 20:31 WIB
Rutin Olahraga Bisa...
Rutin Olahraga Bisa Cegah Pikun
A A A
KANADA - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan olahraga bisa mencegah risiko demensia, gejala kelainan pada otak yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif secara drastis seperti kesulitan memahami suatu hal.

Dilansir WebMd, kondisi ini lebih berisiko dialami pada mereka yang gemar menghabiskan waktu untuk duduk di depan komputer, televise, dibandingkan berolahraga. Parahnya, penyakit ini juga bisa dialami mereka yang masih muda.

“Kurang aktif atau malas berolahraga bisa sepenuhnya menghilangkan efek protektif pada gen kita sehingga lebih rentan terhadap segala macam penyakit. Aktivitas penggerak fisik seperti berolahraga memiliki pengaruh besar terhadap risiko seseorang menderita demensia, sama halnya seperti genetik kita,” kata pemimpian penelitian McMaster University Hamilton, Ontario, Kanada, Jennifer Heisz.

Meski tak dapat merubah gen, Jennifer menegaskan, agar tetap sehat bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Cara ini bisa membantu agar fisik dan mental tetap sehat. Selain itu, Jennifer juga menyarankan untuk cukup berolahraga seperti jalan kaki tiga kali sehari secara rutin.

“Tidak perlu menjadi seorang atlet untuk menjamin kesehatan fungsi otak, cukup aktivitas kecil seperti jalan kaki yang dilakukan dengan rajin setiap hari,” pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0772 seconds (0.1#10.140)