Perbaiki Kualitas Tidur dengan Aktivitas di Luar Rumah

Sabtu, 11 Februari 2017 - 23:01 WIB
Perbaiki Kualitas Tidur dengan Aktivitas di Luar Rumah
Perbaiki Kualitas Tidur dengan Aktivitas di Luar Rumah
A A A
JAKARTA - Kurang tidur menyebabkan berbagai macam keluhan, mulai kurangnya konsentrasi hingga berbagai macam masalah kesehatan serius lainnya. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan kualitas tidur bisa diatasi dengan sering beraktivitas di luar rumah.

Dilansir WebMD, penelitian yang dilakukan oleh kelompok peneliti di University of Colorado, Amerika Serikat berhasil menemukan cara membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik, di mana menghabiskan waktu di luar rumah akan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Menghabiskan waktu di luar rumah dinilai membuat tubuh lebih patuh mengikuti waktu alam atau siklus alami terang dan gelap. Ketika warna langit cerah, seseorang akan terbangun dan menjadi aktif. Sementara saat matahari tenggelam dan langit gelap, tubuh akan memerintahkan seluruh organ khususnya otak, untuk beristirahat.

Penelitian ini juga menemukan, mereka yang kerap menghabiskan waktu di luar rumah akan tidur lebih nyenyak di malam hari dengan waktu tidur yang lebih teratur, mengikuti jam alam yang ditandai dengan perubahan dari terang menjadi gelap.

Sementara kurangnya kualitas tidur dijelaskan peneliti dipicu oleh beberapa hal. “Orang-orang di era modern kerap gagal mendapatkan tidur yang berkualitas karena mereka berpatokan pada cahaya buatan yang ada di sekelilingnya,” kata pemimpin penelitian Kenneth Wright.

Cahaya yang dimaksud adalah cahaya dari layar televisi, komputer, handphone, dan perangkat elektronik lainnya yang bisa menggangu kualitas tidur. Secara tidak langsung, cahaya akan menarik perhatian mata dan membuat tubuh tetap terjaga semalaman. Cahaya ini juga memerintahkan tubuh untuk tetap bangun dan melakukan aktivitas.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5461 seconds (0.1#10.140)