Manfaat Transfusi Darah Bagi Penderita Thalassemia

Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:19 WIB
Manfaat Transfusi Darah...
Manfaat Transfusi Darah Bagi Penderita Thalassemia
A A A
JAKARTA - Tranfusi darah ternyata sangat membantu bagi orang yang membutuhkan. Khususnya bagi penderita penyakit thalassemia yang telah meningkat jumlahnya di Indonesia.

Pasalnya, thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika. Artinya, penularan thalassemia hanya bisa melalui faktor keturunan.

Kelainan darah ini menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah, atau disebut dengan hemoglobin, tidak berfungsi secara normal. Tidak berfungsinya hemoglobin akan merusak rantai darah.

Oleh karena itu, donor darah maupun transfusi dari sangat memberikan keringanan bagi penderita thalassemia. Agar bisa meningkatkan kualitas dari bagi penderita thalassemia.

"Yang membuat penderita thalassemia perlu melakukan pengobatan optimal dengan rutin melakukan transfusi darah. Kegiatan Love Donation ini tidak hanya membantu penderita thalassemia, melainkan juga bermanfaat bagi pendonor,” ujar Ketua Pelaksana Love Donation YOT Lerezza dalam keterangan resmi yang diterima Sindonews.

Seperti diketahui, berdasarkan data Yayasan Thalassemia Indonesia, pada tahun 2016 terdapat 7.238 penderita thalassemia major yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sementara di wilayah Jawa Barat terdapat lebih dari 3.000 penderita thalassemia atau 42% dari jumlah penderita thalassemia tersebut. Banyaknya jumlah penderita thalassemia ini meningkatkan pula kebutuhan akan pasokan darah. Oleh sebab itu, dalam upaya membantu penderita transfusi darah dan donor dara sangat membantu bagi penderita thalassemia.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5975 seconds (0.1#10.140)