Cara Mengatasi Emotional Eating

Rabu, 01 Maret 2017 - 11:54 WIB
Cara Mengatasi Emotional Eating
Cara Mengatasi Emotional Eating
A A A
JAKARTA - Apa itu emotional eating? Pernahkah ketika Anda merasa emosi menjadikan makanan sebagai pelarian. Inilah yang dimaksud dengan emotional eating.

Inilah repotnya. Kerap Anda terperangkap dalam siklus yang tidak sehat bila menggunakan makanan sebagai jalan keluar untuk mengatasi masalah. Apakah kondisi ini ditekan atau sama sekali dihilangkan?

Berikut cara mengatasi emotional eating :
Identifikasi
Identifikasi pemicunya dengan emotional eating diary . Tulis dalam notes atau buku harian Anda, apa saja yang dimakan atau ingin dimakan, kejadian apa yang membuat jengkel, apa yang dirasakan sebelum dan sesudah makan. Ketika berhasil mengidentifikasi pemicunya, tahap selanjutnya mengidentifikasi cara yang lebih sehat untuk memberi makan emosi Anda.

Beri Makan Emosi Anda
Carilah cara lain untuk memberi makan emosi. Umpamanya jika merasa depresi atau kesepian, hubungi seseorang agar perasaan Anda lebih baik. Salurkan kecemasan dengan bermain bersama hewan atau menari atau pergi jalan-jalan. Bisa juga membaca buku, nonton ke bioskop dan lainnya.

Diam
Ya, diam sejenak ketika ingin makan. Emotional eating cenderung muncul secara otomatis dan tidak disadari. Jika berhenti sejenak dan merefleksikan diri ketika keinginan makan muncul, Anda memberi kesempatan diri sendiri untuk mengambil keputusan yang berbeda.

Jalani Gaya Hidup Sehat
Aktivitas fisik dapat meningkatkan mood dan energi serta ampuh untuk mengurangi stres karena dapat menghasilkan hormon endorphine . Maka itu, jadikanlah olahraga sebagai kegiatan prioritas setiap hari. Selain tidur malam yang cukup, istirahatlah setidaknya 30 menit setiap hari untuk mengisi tenaga kembali. Habiskanlah waktu bersama orang-orang positif yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup. (Sri Noviarni)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6730 seconds (0.1#10.140)