Waspada! Batuk Menandakan Gejala Penyakit Serius

Sabtu, 04 Maret 2017 - 08:36 WIB
Waspada! Batuk Menandakan Gejala Penyakit Serius
Waspada! Batuk Menandakan Gejala Penyakit Serius
A A A
JAKARTA - Batuk terjadi karena terdapat gangguan dari luar yang menyerang sistem pertahanan tubuh melalui saluran pernapasan. Umumnya, dalam 24 jam, manusia akan mengalami batuk yang bertujuan membersihkan lendir atau penyebab iritasi lain, seperti debu hingga asap agar keluar dari paru-paru. Namun, dilansir Medical Daily, batuk tak hanya sebagai mekanisme pertahanan tubuh, juga merupakan gejala suatu penyakit serius.

Ada beberapa kondisi batuk yang tidak bisa diabaikan dan dinilai berbahaya. Misalnya batuk kering yang tidak memiliki mukus atau dahak sehingga menyebabkan tenggorokan menjadi iritasi.

Menurut sejumlah ahli, kondisi ini umumnya dipicu oleh alergi lingkungan, rokok salah satunya. Batuk kering juga bisa menjadi salah satu gejala asma atau efek samping dari konsumsi obat. Akan tetapi jika batuk sudah berlangsung sejak lama, ini merupakan indikasi penyakit refluks lambung atau asam lambung naik menuju tenggorokan.

Sementara batuk basah memiliki banyak mukus yang umumnya disebabkan oleh alergi. Batuk basah juga berkaitan dengan kondisi serius lainnya, seperti infeksi sistem peranapasan dan kondisi jantung yang tidak bisa diabaikan.

Nah, jika batuk basah disertai dalam dalam waktu tujuh hari, ini merupakan salah satu gejala kanker paru. Ada juga batuk basah yang mengeluarkan dahak berwarna kuning atau hijau, ini merupakan gejala dari penyakit pneumonia.

Dalam sejumlah kasus, batuk basah kerap terjadi saat pagi hari secara terus menerus. Kondisi ini merupakan gejala COPD. Oleh karena itu, para pakar kesehatan menyarankan untuk tidak mengabaikan kondisi ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8028 seconds (0.1#10.140)