Gigi Tak Sehat Pengaruhi Kualitas Tumbuh Kembang Anak

Sabtu, 04 Maret 2017 - 14:31 WIB
Gigi Tak Sehat Pengaruhi Kualitas Tumbuh Kembang Anak
Gigi Tak Sehat Pengaruhi Kualitas Tumbuh Kembang Anak
A A A
JAKARTA - Kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih memprihatinkan. Penyakit ini masih diderita 38,5% masyarakat dan sebanyak 90% anak dan sebagian besar orang dewasa mengalami masalah gigi berlubang. Hal ini terjadi karena umumnya anak-anak senang mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

Drg Felicia Melati Sp KGA mengatakan masalah utama pada kesehatan gigi dan mulut pada anak adalah karies atau yang biasa dikenal sebagai gigi berlubang. Sementara akibat masalah gigi, bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak saat dewasa.

"Kesehatan gigi anak harus menjadi prioritas karena akan mempengaruhi kualitas hidup dan tumbuh kembang anak,” kata Drg Felicia di Jakarta.

Untuk itu, jika ada gigi berlubang pada anak, sebaiknya orangtua cepat melakukan tindakan. Di antaranya rajin membersihkan gigi dan rutin ke dokter gigi. Jika gigi berlubang maka perlu dilakukan penambalan. Semakin cepat dilakukan penanganan, maka semakin baik.

"Karies kecil yang tidak dirawat akan bertambah besar dan dapat mencapai kamar pulpa, yaitu ruangan dalam gigi yang berisi jaringan saraf dan pembuluh darah. Jika hal tersebut terjadi maka perawatannya tidak dapat langsung ditambal begitu saja, tapi perlu dilakukan perawatan saraf terlebih dahulu dan memerlukan beberapa kali kunjungan, tergantung dari kasusnya," jelas dia.

Oleh karena itu, gigi dan mulut merupakan bagian penting tubuh yang harus dipertahankan kebersihannya. sebab melalui organ ini, berbagai kuman dapat masuk dan menyerang kesehatan, disamping itu mulut adalah cermin dari kesehatan gigi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9139 seconds (0.1#10.140)