Bangkitkan Film Indonesia dengan Tenaga Terampil

Selasa, 07 Maret 2017 - 02:02 WIB
Bangkitkan Film Indonesia dengan Tenaga Terampil
Bangkitkan Film Indonesia dengan Tenaga Terampil
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Muhadjir Effendy menyatakan, hari film nasional harus dijadikan momentum untuk membangkitkan perfilman, di Indonesia.

"Peringatan Hari Film Nasional saya minta dijadikan momentum untuk meningkatkan, dan membangkitkan kembali dunia perfilman nasional kita," kata Muhadjir, di Jakarta, Senin (6/3/2017).

Ditambahkan dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan industri film masuk ke dalam skala prioritas, bagian dari industri kreatif yang bisa mendorong geliat kebudayaan nasional.

"Kemendikbud akan menyediakan atau memastikan adanya tenaga trampil untuk menopang perfilman nasional. Untuk itu, pendidikan di bidang perfilman akan kita tingkatkan," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong peningkatan literasi untuk menyadarkan masyarakat terhadap film. Adapun, budaya literasi yang dimaksud bukan budaya baca pada pelajar dan masyarakat umum, tetapi, lebih kepada pengembangan karakter anak melalui berbagai kegiatan kesenian, seperti drama dan film. Diakuinya, untuk mewujudkan impian ini pihaknya mendapat banyak kendala.

"Kelemahan kita, kurang mendorong untuk memiliki aspirasi yang tinggi terhadap karya-karya kreatif. Kita tidak pernah punya tempat yang khusus untuk seni. Ini tidak mudah," terang Muhadjir.

Dirinya berharap, peringatan Hari Film Nasional, setiap 30 Maret, dan akan dilaksanakan pemutaran film sepanjang bulan ini yang akan dilakukan serempak. Tidak hanya di Jakarta, tetapi juga daerah-daerah.

"Komunitas-komunitas perfilman di daerah juga harus dilibatkan. Jangan hanya di Jakarta, tetapi harus ke semua daerah di Indonesia. Sekaranglah saatnya untuk membangkitkan perfilman kita," tutupnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7112 seconds (0.1#10.140)
pixels