Penyebab Ibu Melahirkan Bayi Prematur

Jum'at, 17 Maret 2017 - 18:08 WIB
Penyebab Ibu Melahirkan Bayi Prematur
Penyebab Ibu Melahirkan Bayi Prematur
A A A
JAKARTA - Bayi yang lahir prematur harus mendapatkan perhatian khusus. Maklum, si bayi yang keluar sebelum waktunya memiliki berat badan rendah (BBR). Organ-organ tubuhnya pun belum terbentuk sempurna.

Bahkan di banyak kasus, kelahiran bayi prematur ini berujung pada kematian. Dr dr Rinawati Rohsiswanto SpA (K) mengatakan ada tiga faktor yang menyebabkan ibu bisa melahirkan bayi premature.

"Ada faktor ibu, ada faktor bayi, dan plasenta. Jadi contoh ibu dan bayi bagus, tapi plasenta tidak bagus, hingga membuat bayi pun harus keluar karena plasenta tidak tumbuh, " kata Dr dr Rinawati kepada Sindonews di Jakarta.

Dijelaskannya, beberapa penyakit yang diderita oleh calon Ibu menjadi salah satu factor yang membuatnya melahirkan bayi premature. Efek lainnya, bayi mengalami kecacatan fisik dan gangguan kognitif.

Seperti diketahui, stiap bayi yang lahir di bawah usia kehamilan 37 minggu, masuk dalam kategori bayi prematur. Dari kelahiran 4,5 juta bayi per tahun di Indonesia, angka kelahiran bayi prematur mencapai 675.500 kasus per tahun.

Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan, bahkan kesabaran untuk merawat bayi prematur karena umumnya, bayi prematur membutuhkan perawatan yang rumit dan kompleks. Selain itu, bayi prematur juga membutuhkan sarana perawatan medis yang lengkap dan teknologi canggih.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7438 seconds (0.1#10.140)