5 Cara Dapatkan Tidur Malam Berkualitas

Minggu, 02 April 2017 - 01:03 WIB
5 Cara Dapatkan Tidur Malam Berkualitas
5 Cara Dapatkan Tidur Malam Berkualitas
A A A
LOS ANGELES - Tidur dalam waktu yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Idealnya, tidur dilakukan dalam waktu tujuh sampai delapan jam sehari.

Tidur malam dengan jam yang teratur dapat membuat kulit menjadi sehat, mempertajam pikiran, menambah memori, meningkatkan produktivitas di tempat kerja, dan membantu sistem tubuh serta membuat organ tubuh menjadi lebih baik.

Mengutitp Zeenews, berikut 5 cara memiliki tidur malam yang berkualitas:

1. Atur Kegiatan Aktivitas
Anda harus membuat jadwal tidur setiap malamnya. Usahakan tidur selama tujuh sampai delapan jam dalam sehari. Jika masih merasa lelah, saat ingin tidur,Aanda bisa menyesuaikan untuk tidur lebih awal.

Tidur cukup membuat bangun pagi terasa lebih baik dan juga menyehatkan tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa merugikan kesehatan.

2. Hindari Minum Kopi Siang
Kopi salah satu minuman yang bisa mengganggu aktivitas tidur. Sebab, kandungan kafein pada kopi membuat Anda akan terus terjaga hingga malam.

Selain itu membuat Anda tidak akan tidur dan memiliki penyakit imsonia yang bisa mengurangi kualitas istirahat. Oleh karena itu lebih baik tidak mengkonsumi kopi saat jam siang hari.

3. Jauhi Gadget
Penggunaan gadget ternyata mampu mempengaruhi pola tidur malam, khususnya mereka yang sering menggunakan ponsel pintar atau tablet di malam hari. Pencahayaan pada ponsel pintar itu menganggu beberapa sel tubuh.

Pencahayaan yang dipancarkan dari perangkat hp, di mana cahayanya akan membuat kadar melatonin atau hormon yang membantu mengatur fungsi tubuh, termasuk siklus tidur menjadi bingung. Akibatnya Anda sulit tidur.

4. Ruangan Gelap
Tidur dalam lampu mati dapat meningkatkan kondisi tubuh, sementara tidur dalam keadaan terang benderang akan menimbulkan tidur yang tidak nyenyak. Gunakan masker mata jika Anda tidak bisa tidur menggelapkan ruangan sepenuhnya.

5. Buat Tubuh Merasa Lelah
Anda wajib membuat tubuh merasa lelah, utamanya saat momen menjelang tidur. Ini dilakukan agar Anda bisa mudah tidur pulas tanpa ada beban pikiran yang bisa menganggu kualitas tidur.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7619 seconds (0.1#10.140)