Pentingnya Berolahraga untuk Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Minggu, 02 April 2017 - 18:27 WIB
Pentingnya Berolahraga untuk Jaga Kesehatan di Musim Hujan
Pentingnya Berolahraga untuk Jaga Kesehatan di Musim Hujan
A A A
JAKARTA - Musim hujan telah datang. Agar tetap sehat, Anda pun bisa menjaga kesehatan dengan berolahraga. Sayang, hujan yang terus mengguyur menjadi alasan banyak orang untuk tidak mengeluarkan keringat. Padahal, tidak bergerak bisa menyebabkan tubuh makin gemuk.

Dilansir dari Prevention, pakar kesehatan olahraga dari Indiana University Bloomington's School of Public Health, John Raglin, PhD menjelaskan, bahwa suhu yang turun secara psikis membuat keinginan seseorang untuk bergerak juga menjadi menurun.

Menonton televisi dan bermain gadget di rumah pun dipilih untuk mengisi waktu. Dibandingkan melakukan kegiatan tersebut, Raglin menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih menyehatkan, seperti membersihkan rumah.

"Faktanya di dalam rumah pun tetap bisa melakukan berbagai latihan fisik. Juga dengan membersihkan rumah. Jika Anda hanya menonton televisi, apalagi sambil ngemil, tentu Anda akan berisiko lebih tinggi menjadi gemuk," papar pakar nutrisi Alan Aragan, MS.

Anda juga bisa membuat jadwal olahraga di dalam ruangan, mulai dari yoga atau fitness. Atur jadwal tersebut agar latihan menjadi lebih intensif. Seperti tiga hari latihan intensitas berat, dua hari latihan intensitas sedang dan satu hari intensitas ringan.

Selain melakukan aktivitas fisik, personal trainer dari The Biggest Loser, Michelle Bridges menekankan untuk mengatur pola makan yang tepat selama hujan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kegemukan.

Anda pun bisa memasak dan menghindari makan di luar rumah. Sebab, memasak sendiri membuat Anda lebih mudah mengontrol bahan makanan apa yang akan digunakan dan seberapa banyak penggunaan garam dan gula.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7289 seconds (0.1#10.140)