Wanita Lebih Berisiko Alami Depresi

Selasa, 04 April 2017 - 02:22 WIB
Wanita Lebih Berisiko Alami Depresi
Wanita Lebih Berisiko Alami Depresi
A A A
JAKARTA - Perasaan sedih dari suatu waktu merupakan bagian dari kehidupan normal. Namun jika perasaan tersebut selalu ada dan tidak hilang, waspadalah! Ini merupakan kondisi depresi.

Orang dengan depresi berat mempunyai ketertarikan yang rendah untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Bahkan, kondisi tersebut membuat mereka tidak tertarik dalam bekerja atau menyalurkan hobi.

Menurut World Health Organization (WHO), depresi bisa dialami oleh siapa saja. Namun, didominasi kaum perempuan yang menempati angka 20%. Sementara pria yang mengalami risiko depresi hanya 12%.

Mereka yang pernah mengalami depresi, pasien dengan penyakit berat atau kronik. Dilaporkan, sekitar 44% pasien stroke yang dirawat di rumah sakit menderita depresi.

Sedangkan pasien dengan gangguan jantung diperkirakan sekira 20% - 25% menderita depresi. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Sindonews, secara klinis, depresi memiliki beberapa gejala.

Umumnya, pasien depresi akan mengalami tidak cukup tidur atau tidur berlebihan, sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan, merasa diri tidak berharga atau putus asa, tidak dapat mengontrol pikiran negatif hingga kehilangan nafsu makan atau tidak bisa menghentikan makan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7197 seconds (0.1#10.140)