5 Manfaat Asam Jawa untuk Tubuh

Rabu, 05 April 2017 - 22:06 WIB
5 Manfaat Asam Jawa untuk Tubuh
5 Manfaat Asam Jawa untuk Tubuh
A A A
JAKARTA - Asam jawa umumnya digunakan sebagai bumbu dapur penambah rasa pada setiap masakan. Namun, dibalik manfaat tersebut, asam jawa menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Asam jawa kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, kalium, mangan, serat, sifat anti inflamasi hingga antioksidan yang mampu mengobati beberapa masalah kesehatan. Berikut manfaat asam jawa seperti dilansir Boldsky.

1. Mengendalikan diabetes
Jus asam jawa membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan mencegah penyerapan karbohidrat yang berlebihan. Dengan demikian asam jawa bisa membantu mengendalikan diabetes.

2. Menurunkan kolesterol
Kandungan antioksidan dan serat pada asam jawa akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Artinya Anda bisa terhindar dari penyakit mematikan, seperti jantung dan stroke.

3. Mengurangi risiko kelebihan berat badan
Kandungan asam hidroksisitrat pada asam jawa akan membantu memperlambat produksi lemak pada tubuh dan mencegah makan berlebihan. Ini akan membuat Anda bisa terhindar dari risiko kelebihan berat badan.

4. Mencegah sembelit
Konsumsi asam jawa bisa mencegah sembelit. Hal ini berkat kandungan penting dan tanin yang bisa membantu menyehatkan pencernaan.

5. Mencegah kanker
Asam tertarat pada asam jawa bisa membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Artinya asam jawa bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3914 seconds (0.1#10.140)