Tips Tetap Aktif di Usia Senja

Jum'at, 07 April 2017 - 14:27 WIB
Tips Tetap Aktif di Usia Senja
Tips Tetap Aktif di Usia Senja
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penuaan. Hal tersebut terlihat dari munculnya kerutan halus di wajah, timbulnya uban hingga perubahan bentuk tubuh lainnya.

Meski usia terus bertambah, Anda tetap harus menjaga kesehatan. Penuaan, sehat, dan aktif merupakan proses untuk mencapai kesejahteraan baik fisik, mental, dan sosial sepanjang hidup seseorang, khususnya mereka di usia senja.

Sejumlah pakar menyarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik. Pasalnya, aktivitas fisik bisa mempertahankan fungsi dari organ tubuh serta mencegah munculnya penyakit-penyakit degeneratif maupun infeksi pada usia senja.

Meningkatkan aktivitas fisik juga berhubungan dengan penurunan risiko terhadap penurunan fungsi kognitif pada lansia. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Sindonews, gerakan senam lansia yang disebut latihan vitalitas otak (LVO) sangat dianjutkan untuk usia senja.

Setiap gerakan senam yang dikembangkan oleh Pusat Inteligensi Kesehatan ini disesuaikan dengan kondisi fisik lansia dan setiap variasi gerakannya bertujuan untuk menstimulasi berbagai area di otak.

Latihan vitalisasi otak ini menunjukkan hasil tes fungsi kognitif daerah otak depan (frontal), otak permukaan (korteks), otak dalam (subkortikal) dan keseimbangan yang lebih baik. Olahraga juga menstimulasi otak secara langsung dan meningkatkan ukuran hipokampus yang merupakan pusat kognifit memori kita.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5945 seconds (0.1#10.140)