Peneliti Temukan Vaksin Pencegah Jerawat

Sabtu, 15 April 2017 - 08:19 WIB
Peneliti Temukan Vaksin Pencegah Jerawat
Peneliti Temukan Vaksin Pencegah Jerawat
A A A
JAKARTA - Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang. Kondisi menjengkelkan ini mengurangi nilai penampilan dan kepercayaan diri. Kendati demikian ini merupakan hal wajar yang bisa dialami siapa saja, baik wanita atau pria.

Dilansir dari Metro, British Skin Foundation menyebutkan bahwa 80% orang pernah mengalami jerawat pada titik tertentu. Kondisi ini biasanya muncul antara usia 11-30 tahun. Untuk mengatasi masalah tersebut, baru-baru ini sejumlah ilmuwan di University of California San Diego menciptakan vaksin yang bisa melawan racun pemicu jerawat.

“Jerawat, sebagian disebabkan oleh bakteri P.acnes yang ada dalam tubuh Anda seumur hidup, dan kami tidak bisa menciptakan vaksin untuk bakteri itu karena, dalam beberapa hal, P.acnes baik bagi Anda," papar peneliti utama penelitian ini, Eric C. Huange.

Huange menjelaskan, antibodi tersebut merupakan protein racun yang disekresikan oleh P.acnes ke kulit. Protein ini berkaitan dengan peradangan yang memicu jerawat. Dengan demikian, pemberian vaksin ini bisa mencegah efek penyebab jerawat dari bakteri tersebut tanpa membunuh secara keseluruhan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3762 seconds (0.1#10.140)