Pemeriksaan Hemoglobin, Langkah Awal Kenali Gejala Anemia

Sabtu, 22 April 2017 - 20:19 WIB
Pemeriksaan Hemoglobin, Langkah Awal Kenali Gejala Anemia
Pemeriksaan Hemoglobin, Langkah Awal Kenali Gejala Anemia
A A A
JAKARTA - Masyarakat diimbau meningkatkan kepedulian terhadap kadar Hb dalam tubuh agar terhindar dari gangguan kesehatan. Melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) secara rutin sangat penting dilakukan guna mengetahui kadar Hb, apakah dalam kisaran normal atau tidak dan segera melakukan tindakan pengobatan jika diperlukan.

Direktur Unit Transfusi Darah Pusat (UTDP) PMI dr. Ria Syafitri, M.Biomed mengatakan pemeriksan HB saat transfusi darah snagat penting. Agar penerima darah bisa aman mendapatkan sumbang darah dari pendonor.

"Screening Hb sangat penting untuk dilakukan bagi pendonor darah, agar penerima donor mendapatkan darah yang aman dan berkualitas. Persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat mendonorkan darah adalah Hb range antara 12,5-17 g/dl, yang artinya bila seseorang yang memenuhi persyaratan kadar Hb tersebut, maka artinya kebutuhan untuk dirinya tercukupi dan dapat juga menyumbangkan darah kepada yang membutuhkan," katanya.

Kadar Hemoglobin normal dalam darah manusia berbeda-beda sesuai kategori kelamin dan usia, yaitu bayi yang baru lahir = 17 – 22 g/dl, anak-anak = 11 – 13 g/dl, pria dewasa = 14 – 18 g/dl, wanita dewasa = 12 – 16 g/dl. Jika nilai Hb kurang dari nilai tersebut, maka seseorang dapat dikatakan mengalami anemia, namun bila melebihi nilai tersebut dinamakan polinemis.

Untuk itu, upaya meningkatkan kepedulian terhadap kadar Hb sangat penting. Agar tubuh juga mendapatkan kesehatan yang penting dan terhindar dari Anemia .
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1438 seconds (0.1#10.140)