Awas! Hujan dan Petir Bisa Sebabkan Asma

Rabu, 03 Mei 2017 - 08:20 WIB
Awas! Hujan dan Petir...
Awas! Hujan dan Petir Bisa Sebabkan Asma
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini thunderstorm asma diketahui telah menyebabkan kematian pada sembilan orang di berbagai belahan dunia. Meski jarang, namun thunderstorm asma perlu diwaspadai karena menyebabkan kematian.

Dilansir dari Medical Daily, penelitian dalam Journal of Applied Meteorology and Climatology menjelaskan, bahwa asma jenis ini dipicu kombinasi dari hujan, angin, serta listrik dari petir. Kombinasi ini membawa beberapa debu atau serbuk sari, sehingga penderita alergi tersebut, mengalami penyempitan organ pernapasan.

Pada November 2016 lalu, diketahui petir dan cuaca berangin, menyebabkan penurunan kondisi ribuan warga Australia. Tercatat, dari 2000 orang yang mengalami penurunan kondisi, sembilan orang diantaranya meninggal dunia.

Para peneliti pun menilai, bahwa angin dan petir bisa menjadi pemicu asma seperti debu, tungau, dan serbuk sari. Kondisi ini mempengaruhi banyak orang dan menyebabkan penyempitan pada rongga pernapasan. Selanjutnya, hujan, angin dan petir menjadi pencetus asma masuk ke dalam rongga pernapasan dan terjadi asma.

"Thunderstorm asma ini merupakan kombinasi alergi seperti debu yang terbawa hujan dan angin dan menginfeksi orang-orang yang rentan," papar peneliti Andrew J. Grundstein.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0616 seconds (0.1#10.140)