Ini Bahaya Bersihkan Make Up dengan Tisu Basah

Kamis, 04 Mei 2017 - 00:07 WIB
Ini Bahaya Bersihkan...
Ini Bahaya Bersihkan Make Up dengan Tisu Basah
A A A
JAKARTA - Menggunakan tisu basah, khusus membersihkan wajah dipercaya menghilangkan make up yang masih menempel. Cara ini kerap dilakukan banyak wanita. Dalihnya lebih praktis. Namun kebiasaan ini ternyata tidak dianjurkan oleh para ahli.

Dilansir Marie Claire, Rachel Nazarian MD dari Schweiger Dermatology Group mengatakan tisu pembersih make up ibarat makanan cepat saji yang cepat, nyaman, dan puas. Sayang, sesuatu yang instan, baik makanan atau pembersih muka, bukan pilihan terbaik untuk digunakan setiap hari.

Rachel menjelaskan, sebaiknya penggunaan tisu ini digunakan sesekali, khususnya saat membutuhkan pembersih muka yang cepat tanpa perlu ke kamar mandi. Pasalnya, tisu jenis ini mengandung bahan kimia yang memungkinkan make up dan kotoran dengan mudah dihapus. Namun, tisu ini bisa meninggalkan residu kimia pada kulit.

Kondisi ini diperparah jika penggunaan tisu secara keliru. Sebab, tisu justru akan mengotori kulit dengan make up, bukan menghilangkan partikel sepenuhnya. Sementara, jika tisu yang digunakan mengandung alkohol, hal ini bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering.

"Anda perlu memahami bahwa tisu pembersih make up hanya dapat menggantikan toner pembersih make up sehingga kulit wajah tetap harus dibilas setelahnya," papar Rachel.

Jika terpaksa menggunakam tisu pembersih, Rachel menyarankan untuk menggunakan produk yang super lembut dan bebas alkohol. "Intinya, jika Anda akan menggunakan tisu pembersih makeup, Anda harus ingat untuk tetap membilas wajah Anda dengan sabun pembersih muka yang lembut dan air," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9990 seconds (0.1#10.140)