Pertolongan Pertama Saat Digigit Komodo

Senin, 08 Mei 2017 - 14:50 WIB
Pertolongan Pertama Saat Digigit Komodo
Pertolongan Pertama Saat Digigit Komodo
A A A
JAKARTA - Kasus wisatawan asal Singapura yang terkena gigitan Komodo menjadi heboh di kalangan media sosial. Sebab, wisatawan tersebut digigit oleh komodo kecil saat dirinya tengah memotret kegiatan Komodo.

Gigitan Komodo memang sangat berbahaya. Sebab dalam mulut seekor komodo bersarang sekitar 50 bakteri. Apalagi, hampir semua bakteri itu bersifat patogenik.

Bakteri patogenik ini sendiri adalah bakteri yang cenderung bersifat menginfeksi makhluk hidup sehingga menimbulkan efek sakit tertentu. Bakteri ini terus berkembang biak dan dapat menyebar dari satu komodo ke komodo lainnya.

Untuk itu, pertolongan pertama yang harus dilakukan saat digigit oleh Komodo jangan terlalu banyak bergerak. Mengutip Dailymail, saat di gigit oleh komodo ribuan bakteri akan masuk kedalam tubuh dengan cepat. Terlalu banyak bergerak membuat bakteri menjalar ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, sesorang yang terkena gigitan komodo agar tidak terlalu banyak bergerak. Lalu usapkan beberapa air hangat untuk menghambat bergeraknya virus dan bakteri yang menjalar kedalam tubuh.

Sebab, terkena gigitan Komodo akan menuju kematian jika tidak dilakukan tindakan yang tepat. Mengingat Komodo memiliki bakteri yang sangat mematikan di area mulutnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6194 seconds (0.1#10.140)