Hiii...Kulkas Hingga Talenan Benda Paling Kotor di Dapur

Selasa, 16 Mei 2017 - 08:20 WIB
Hiii...Kulkas Hingga Talenan Benda Paling Kotor di Dapur
Hiii...Kulkas Hingga Talenan Benda Paling Kotor di Dapur
A A A
JAKARTA - Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dapur. Pasalnya, tak hanya bertujuan menghasilkan makanan yang lezat tapi juga penting untuk menjaga kesehatan Anda. Jika dibiarkan kotor, tanpa disadari dapur akan menjadi sarang kuman dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

"Ketika seseorang sakit, dia mungkin berpikir ini akibat konsumsi makanan di luar rumah. Padahal, bisa jadi karena kontaminasi bakteri pada makanan di dapur rumah," papar salah satu peneliti dari Drexel University, Amerika Serikat, Jennifer Quinlan.

Agar tetap sehat dan mencegah berkembangnya bakteri, Jennifer pun menyarankan untuk rutin membersihkan dapur, khususnya empat benda yang paling kotor. Apa saja benda tersebut? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Time.

1. Kulkas
Digunakan untuk menyimpan daging, ikan, ayam dan produk unggas lainnya, kulkas menjadi salah satu benda yang berisiko menyebarkan bakteri. Apalagi jika makanan tersebut tidak disimpan dengan tepat. Agar jumlah bakteri tidak semakin banyak, pastikan Anda menjaga suhu di kulkas di bawah empat derajat celcius.

2. Spons pencuci piring
Dari 100 rumah yang disurvei dalam studi ini, sekitar 64% sponsnya mengandung bakteri. "Spons itu sumber bakteri. Faktanya lagi, jika menemukan bakteri staph atau fecal coliform di spons, berarti ada juga bakteri tersebut di area lain di dapur," ujar Jennifer. Agar spons terhindar dari bakteri, sebaiknya panaskan spons dalam microwave. Cara ini dinilai bisa membunuh bakteri patogen di dalam spons.

3. Bak pencuci piring

Sebesar 82% bak pencuci piring responden pada survei ini ditemukan kotor dan terdapat bakteri yang ada pada fases dan ecoli. Parahnya, jumlah bakteri semakin banyak jika bak pencuci piring dekat dengan sabun.

4. Talenan
Kerap digunakan untuk memotong daging hingga sayuran membuat talenan menjadi salah satu benda di dapur yang paling kotor. Jika tidak dibersihkan dan terdapat sisa kotoran di atas talenan, hal ini pun memicu berkembang biaknya bakteri.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7861 seconds (0.1#10.140)
pixels