Kasus Diare di Amerika Serikat Tinggi Akibat Air Kolam Renang

Rabu, 24 Mei 2017 - 21:50 WIB
Kasus Diare di Amerika Serikat Tinggi Akibat Air Kolam Renang
Kasus Diare di Amerika Serikat Tinggi Akibat Air Kolam Renang
A A A
AMERIKA SERIKAT - Jumlah kasus diare di Amerika Serikat (AS) terus meningkat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS menjelaskan, hal ini disebabkan oleh warga AS yang menelan air kolam renang. Padahal, air kolam renang mengandung banyak bakteri.

Dilansir dari The Washington Post, nama bakteri tersebut adalah Cryptosporidium yang tergolong dalam jenis parasit yang sulit untuk dibasmi. Pada tahun 2014 lalu tercatat bakteri ini menyebabkan 16 kasus diare dan meningkat dua kali lipat pada tahun 2016 menjadi 32 kasus.

Cryptosporidium bisa bertahan hidup selama 10 hari dalam air kolam renang yang mengandung klorin. Di mana ketika tanpa sengaja seseorang menelan air kolam renang walau hanya seteguk, hal ini bisa menyebabkan sakit hingga tiga minggu lamanya. Parahnya, bakteri ini tidak hanya menyebabkan diare tapi juga kram perut, mual, muntah, dan dehidrasi.

Sementara untuk menyingkirkan bakteri tersebut, bisa dilakukan dengan cara membersihkan kolam renang secara teratur dan memasukkan kadar klorin yang tinggi. Selain itu, pastikan juga tidak berenang saat terserang diare, khususnya anak-anak.
anak-anak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4370 seconds (0.1#10.140)