Optimalkan Kemampuan Anak dengan Active Learning

Jum'at, 26 Mei 2017 - 21:55 WIB
Optimalkan Kemampuan Anak dengan Active Learning
Optimalkan Kemampuan Anak dengan Active Learning
A A A
METODE pembelajaran aktif (active learning) merupakan suatu proses pembelajaran untuk memberdayakan perserta didik agar belajar dengan menggunakan berbagai cara secara aktif, sehingga siswa bukan lagi subjek yang pasif dan hanya mendengarkan guru semata.

Lewat pembelajaran aktif yang diterapkan di sekolah, potensi siswa dapat dioptimalkan, dengan harapan siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. Penerapan active learning mau tak mau membuat perhatian siswa tertuju pada proses pembelajaran.

Active learning merupakan model pembelajaran abad 21 yang berkelas dunia. Metode ini memang diunggulkan untuk menggali potensi dan kecerdasan peserta didik secara lebih maksimal dan siswa agar belajar menjadi lebih aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Menurut pengarang buku Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject yang juga profesor di bidang kajian Psikologi dalam Pendidikan dari Universitas Temple, Mel Silberman, metode active learning merupakan sebuah kesatuan sumber kumpulan strategi-strategi pembelajaran yang komprehensif, yang meliputi berbagai cara untuk membuat peserta didik menjadi aktif.

Memang metode active learning merupakan konsep yang sukar didefinisikan secara tegas, sebab semua cara belajar itu mengandung unsur keaktifan dari peserta didik, meskipun kadar keaktifannya itu berbeda.

Keaktifan dalam rangka Active Learning Strategy yaitu keterlibatan intelektual, emosional dalam kegiatan belajar mengajar yang bersangkutan, asimilasi akomodasi kognitif dalam pencapaian pengetahuan, perbuatan serta pengalaman langsung terhadap baliknya (feedback) dalam pembentukan keterampilan dan penghayatan serta internalisasi nilai-nilai dalam pembentukan sikap.

Dengan banyaknya metode pendidikan yang diadaptasi ke sistem pendidikan di Indonesia, orang tua perlu mencari tahu lebih lanjut metode pendidikan apa yang cocok diterapkan bagi buah hatinya.

Melihat fakta ini, perusahaan asuransi jiwa asal Kanada PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) mengadakan Sun Life Edufair 2017 yang akan diselenggarakan di Kota Kasablanka pada 20-22 Oktober 2017. Setelah sebelumnya sukses diselenggarakan pada 2016 lalu, Sun Life Edufair tahun ke-2 ini akan mengundang 25 sekolah formal dan informal terbaik.

Melalui Sun Life Edufair, Sun Life memfasilitasi para orang tua untuk mencari informasi seputar profil sekolah, metode pembelajaran, biaya dan keunggulan masing-masing sekolah.

Sun Life juga akan menghadirkan berbagai sesi talkshow seputar pola asuh dan pendidikan anak dari banyak pakar berpengalaman. Selain itu, pakar perencanaan keuangan Sun Life juga akan berbagi informasi dan tips mengenai strategi dalam mempersiapkan dana pendidikan anak yang berkualitas.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6586 seconds (0.1#10.140)