Ini Waktu yang Tepat untuk Sahur

Selasa, 30 Mei 2017 - 03:12 WIB
Ini Waktu yang Tepat untuk Sahur
Ini Waktu yang Tepat untuk Sahur
A A A
JAKARTA - Umat muslim disarankan melakukan sahur. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap berenergi selama berpuasa. Namun, kapan waktu yang tepat untuk sahur agar terbebas dari rasa lapar?

Pakar gizi dari Departemen Ilmu Gizi FKUI dr AR Inge Permadhi MS SpGk menjelaskan makan mendekati imsak bisa membantu kenyang lebih lama. Hal ini dianjurkan, terutama mengkonsumsi makanan kaya serat, seperti buah dan sayur serta air putih yang banyak.

"Serat yang digabungkan dengan air akan mengental seperti agar atau gel yang bisa mengembang di dalam lambung. Ini membuat perut akan menjadi kenyang seharian. Karena serat akan masuk ke dalam aliran darah secara perlahan," kata dr Inge.

Agar perut terasa kenyang, dr Inge juga menyarankan untuk minum susu sebelum imsak. tentu agar perut rasa lebih kenyang. Selain itu, susu juga bisa menambah energi.

"Jangan minum minuman yang memiliki kadar gula yang terlalu tinggi karena dapat membuat ngantuk. Minum susu juga baik sekali karena susu dapat membuat lambung lebih cepat kenyang dan berenergi," tegasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9322 seconds (0.1#10.140)