Susu Pelengkap Gizi Kebutuhan Keluarga

Rabu, 31 Mei 2017 - 14:02 WIB
Susu Pelengkap Gizi Kebutuhan Keluarga
Susu Pelengkap Gizi Kebutuhan Keluarga
A A A
JAKARTA - Susu tak hanya lezat, juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI Pangan), Prof. Dr. Hardinsyah, MS mengatakan susu merupakan pelengkap gizi bagi kebutuhan keluarga.

“Susu adalah sesuatu yang baik yang diberikan untuk anak setelah berusia 6 bulan, mudah dikonsumsi, rasanya enak, dan gurih karena mengandung asam lemak dan amino, mudah digunakan tubuh, padat zat gizi dan cocok difortifikasi,” kata Prof Hardinsyah saat peluncuran kampanye Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang Frisian Flag Indonesia di Aston Kuningan, Jakarta.

“Susu menyediakan kandungan zat gizi yang bermanfaat dalam setiap tahap perkembangan manusia setelah tahap pemberian ASI eksklusif. Konsumsi susu dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan, khususnya pada anak setelah pemberian ASI eksklusif," jelasnya.

Segelas susu yang difortifikasi, kata Prof Hardinsyah dapat memenuhi sampai 20% kebutuhan gizi harian anak dan dewasa serta menyumbang 180 kkal energi. Tentunya, kandungan baik dalam susu ini bisa menunjang aktivitas sehari-hari setiap anggota keluarga dan bisa dirasakan oleh semua usia.

“Masyarakat umumnya beranggapan bahwa susu hanya untuk anak. Bagi remaja dan dewasa, minum susu secara rutin bermanfaat bagi kekuatan tulang dan kesehatan karena susu menyediakan kebutuhan gizi harian seperti kalsium dan vitamin D bagi kekuatan tulang dan hidup aktif sebagai tabungan masa tua,” kata dia.

Mengingat besarnya manfaat susu, Prof Hardinsyah menekankan pentingnya keluarga Indonesia untuk minum susu mulai dari sekarang. Sementara, untuk jenis susu yang dikonsumsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti halnya susu kental manis yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

“Untuk itu keluarga Indonesia perlu memulai kebiasaan minum susu, terutama yang diperkaya gizi, mulai sekarang. Untuk jenis susu bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti anak-anak yang masih masa pertumbuhan bisa minum susu kental manis yang mengandung sembilan vitamin dan mineral seperti susu kental manis Gold Frisian Flag,” pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5095 seconds (0.1#10.140)