Minyak Zaitun Bisa Cegah Kanker Otak

Selasa, 06 Juni 2017 - 02:01 WIB
Minyak Zaitun Bisa Cegah Kanker Otak
Minyak Zaitun Bisa Cegah Kanker Otak
A A A
INGGRIS - Berdasarkan penelitian dalam Journal of Molecular Biology, minyak zaitun bisa membantu mencegah perkembangan kanker otak. Hal ini lantaran kandungan asam oleat pada minyak zaitun yang dapat membantu mencegah gen penyebab kanker berfungsi dalam sel.

Dilansir Zeenews, zat tersebut mampu merangsang produksi molekul sel yang bisa mencegah protein penyebab kankter terbentuk.

"Meskipun kita belum bisa mengatakan bahwa minyak zaitun dalam makanan membantu mencegah kanker otak, temuan kami menunjukkan, asam oleat dapat mendukung produksi molekul penekan tumor di sel yang tumbuh di laboratorium," kata pemimpin peneliti, Gracjan Michlewski dari Universitas Edinburgh di Inggris.

Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis pengaruh asam oleat pada molekul sel atau miR-7 yang aktif di otak dan dapat menekan pembentukan tumor. Hasilnya ditemukan bahwa asam oleat mencegah protein sel atau MSI2 menghentikan produksi miR-7. Hal ini mendukung produksi miR-7 yang membantu mencegah pembentukan tumor.

"Studi lebih lanjut dapat membantu menentukan peran minyak zaitun dalam kesehatan otak," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0294 seconds (0.1#10.140)