Bunda! Ini Tips Atasi si Kecil Mengompol

Selasa, 06 Juni 2017 - 18:28 WIB
Bunda! Ini Tips Atasi...
Bunda! Ini Tips Atasi si Kecil Mengompol
A A A
JAKARTA - Anak-anak yang belum dilatih buang air kecil di toilet, umumnya akan lebih sering mengompol. Biasanya terjadi pada anak berusia dua hingga tujuh tahun. Lalu, bagaimana jika anak sudah dilatih pipis di toilet, tetapi tetap mengompol?

Mengompol merupakan hal yang wajar, tapi jika dibiarkan hal ini bisa menjadi masalah serius. Oleh karena itu, seperti dilansir Fox News, para ibu bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar buah hati berhenti mengompol.

1. Batasi konsumsi air sebelum tidur
Terlalu banyak konsumsi air sebelum tidur bisa membuat anak mengompol. Sebaiknya, batasi anak untuk mengonsumsi minum air terlalu banyak, hindari pula konsumsi soda dan minuman berenergi karena kafein yang terkandung dalam minuman bisa memicu ngompol di malam hari.

2. Antar anak ke kamar mandi sebelum tidur
Antar anak Anda ke kamar mandi sebelum tidur. Jika si kecil tidak sempat ke kamar mandi, Anda bisa menggendongnya saat tidur. Cara ini dinilai mampu mencegah anak untuk tidak ngompol.

3. Berikan penjelasan
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang kerap mengompol memiliki kepercayaan diri yang rendah. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memberikan penjelasan tentang pentingnya membiasakan diri buang air kecil di kamar mandi.

4. Tidak memarahi anak
Memarahi anak karena kebiasaannya mengompol akan membuat kondisinya semakin buruk. Anda cukup bersikap tegas dan biasakan anak untuk tidak menggunakan popok. Anda juga bisa meminta mereka untuk meminta bantuan saat buang air kecil.

5. Konsultasi ke dokter
Jika anak mengompol secara terus menerus atau jarang mengompol, kemudian tiba-tiba sering mengompol, segeralah lakukan konsultasi ke dokter. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi saluran kandung kemih atau diabetes. Sleep apnea juga bisa menjadi penyebab mengompol.

6. Beri obat
Memberikan obat menjadi cara terakhir agar anak tidak mengompol. Desmopressin Acetate dipercaya bisa mengendalikan masalah mengompol pada anak-anak dan berhasil mencapai 50 sampai 75%. Namun, sebelum memberikan obat ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)