Tips Puasa Lancar Pasien Diabetes

Sabtu, 10 Juni 2017 - 04:12 WIB
Tips Puasa Lancar Pasien Diabetes
Tips Puasa Lancar Pasien Diabetes
A A A
JAKARTA - Puasa menjadi tantangan tersendiri bagi penderita diabetes. Ada kekhawatiran penyakit yang diderita akan menghambat pasien untuk melaksanakan puasa. Namun selama pasien teredukasi dan disiplin serta mengikuti anjuran dokter, maka tidak ada masalah bagi pasien diabetesi untuk berpuasa.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Evasari Jakarta, dr M. Heru Dento SpPD menegaskan pengaturan pola makan merupakan kunci keberhasilan diabetesi berpuasa. "Pada prinsipnya puasa hanya memindahkan waktu makan saja," ujar dr Heru saat ditemui di RS Evasari di Jalan Rawamangun No. 47, Pramuka, Jakarta Pusat.

Adapun waktu makan bagi penderita diabetes menjadi enam kali waktu makan yang dibagi menjadi tiga kali makan utama dan tiga kali makan selingan.

Ya, selama berpuasa, pasien dianjurkan untuk mengubah waktu makan pagi, siang, malam menjadi waktu berbuka puasa, makan tengah malam, dan makan sahur. Selain itu, diselingi tiga kali waktu makan camilan, di antara jam makan utama tersebut jika diperlukan.

Penderita diabetes dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang menghasilkan energi secara lambat seperti gandum, kacang-kacangan, nasi, dan semolina, juga menghindari makanan dengan kandungan asam jenuh yang tinggi.

Pastikan juga asupan cairan saat berpuasa tercukupi dengan baik setelah buka puasa dan tarawih, hingga menjelang imsak. Hipoglikemi menjadi kekhawatiran tersendiri diabetesi berpuasa, yakni kondisi saat kadar gula darah yang lebih rendah daripada kadar normal. Kondisi ini ditandai dengan gejala rasa lapar hebat, berdebar-debar, lemas, dan gemetar.

"Kalau sudah begitu (hipoglikemi) lebih baik dibatalkan saja puasanya," beber dr. Heru.

Hipoglikemi berpotensi muncul bila asupan makan sahur tidak cukup atau waktu melaksanakan sahur terlalu jauh dari waktu imsak. Kondisi ini juga timbul bila penderita melakukan aktivitas berlebihan dan asupan cairan kurang sehingga dapat menimbulkan dehidrasi.

Beda lagi dengan hiperglikemi. Potensi hiperglikemi atau kadar gula sangat tinggi umumnya muncul bila penderita tidak mengontrol asupan makan saat berbuka puasa. Kendati berpuasa, dr Heru tetap menyarankan untuk menjalankan olahraga demi menjaga kesehatan.

Lakukan olahraga ringan saja, seperti jalan kaki sehabis salat Subuh atau sore hari menjelang berbuka puasa. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) 2015, Indonesia berada di peringkat ke-7 dari 10 negara dengan penyandang diabetes terbesar di seluruh dunia.

Jumlah penderitanya diperkirakan 10 juta orang. Sementara data nasional, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, tingkat prevalensi diabetes sebesar 6,8% atau sekitar 9,1 juta jiwa.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4185 seconds (0.1#10.140)