Kenali 5 Penyebab Penyakit Kanker

Sabtu, 10 Juni 2017 - 14:59 WIB
Kenali 5 Penyebab Penyakit Kanker
Kenali 5 Penyebab Penyakit Kanker
A A A
LOS ANGELES - Kanker serviks menjadi salah satu penyakit mematikan. Hal itu dialami Jupe. Sayang, masih banyak orang yang tidak kenal dengan penyakit ini.

Kanker atau neoplasma ganas merupakan penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali dan menyerang jaringan biologis didekatnya, serta bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, tergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis.

Untuk mendeteksi penyakit ini membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi. Agar terhindar dari penyakit berbahaya ini, Anda bisa mengenali 5 penyebab kanker:

1. Banyak Menghirup Pengharum Udara
Tidak ada yang menginginkan rumah atau mobil yang bau. Oleh karena itu penyegar udara menjadi alternative, membantu menyamarkan bau. Namun tanpa disadari kandungan pengharum udara ternyata mengandung zat kimia yang dapat mempengaruhi reseptor penciuman di lubang hidung.

Ini yang membuat mereka tidak mampu mengenali bau lainnya. Selain ini, mereka juga menambahkan sekawanan bahan kimia berbahaya lainnya ke udara seperti acetaldehyde, benzaldehyde, methyl pyrrolidone, yang bisa memicu kanker ganas.

2. Hirup Udara pada Lilin
Lilin kerap dipakai saat terjadi pemadaman listrik. Tapi tahukah Anda bahwa menggunakan lilin saat listrik padam bisa membahayakan kesehatan, khususnya lilin yang terbuat dari parafin. Jika dibakar mengandung komponen berbahaya.

Kandungan tersebut adalah karsinogen seperti toluena, aldehid, keton dan komponen berbahaya lainnya yang bisa terbentuk di dalam rumah, tapi pembakaran lilin secara teratur harus dihindari agar tidak menderita jenis kanker.

3. Pil KB
Kontrasepsi merupakan metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada berbagai jenis kontrasepsi, masing-masing memiliki manfaat dan kekurangan. Seperti pil KB yang biasanya digunakan wanita untuk menunda kehamilan, ternyata memilki efek berbahaya seperti kanker.

Temuan studi 'Kontrasepsi Oral dan Risiko Kanker Payudara di BRCA1 dan BRCA2 Mutation Carriers menyebutkan Pil KB telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker hati.

4. Sering Konsumsi Teh Panas
Teh merupakan minuman disukai banyak orang karena rasanya dan cara membuatnya yang praktis. Tak heran jika teh kerap menjadi minuman pendamping saat makan pagi maupun siang. Namun minuman ini bisa jadi membahayakan kesehatan jika dikonsumsi terlalu panas. Teh dapat menyebabkan kanker kerongkongan.

5. Terlalu Banyak Telan Pasta Gigi
Kehadiran fluoride dalam pasta gigi telah dikaitkan dengan jenis kanker tulang yang disebut osteosarcoma. Pasta gigi juga yang mengandung triclosan bisa menyebabkan perkembangan tumor di dalam tubuh. Inilah salah satu hal terpenting yang meningkatkan risiko kanker, yang tidak boleh terlalu sering digunakan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5719 seconds (0.1#10.140)