10 Kiat Mengajarkan Anak Berpuasa

Sabtu, 17 Juni 2017 - 07:09 WIB
10 Kiat Mengajarkan Anak Berpuasa
10 Kiat Mengajarkan Anak Berpuasa
A A A
JAKARTA - Tak ada salahnya mengajarkan anak untuk berpuasa secara bertahap sedini mungkin. Hal tersebut dilakukan agar si kecil terbiasa untuk melaksanakan kewajiban ini hingga dewasa kelak.

Agar anak semakin semangat menjalani ibadah puasa, orangtua dapat melakukan berbagai upaya. Berikut ini 10 kiat mengajarkan anak berpuasa:

1. Jelaskan
Berikan penjelasan kepada anak bahwa umat muslim, termasuk dirinya harus berpuasa. Berikan penjelasan yang mudah untuk dipahami anak sesuai usianya.

2. Siapkan hidangan favorit
Menyediakan hidangan favorit si kecil sebagai menu berbuka puasa juga bisa menjadi trik untuk menarik perhatiannya. Cara seperti ini membantu anak semangat di saat sahur dan berbuka. Misalnya menyediakan puding cokelat kesukaannya saat buka puasa.

3. Lihat kondisi anak
Jangan sampai si kecil berpuasa dan dia justru terlihat pucat pasi dan lemas karena menahan lapar. Perlu diingat, anak masih dalam tahap belajar sehingga orangtua harus memperhatikan kondisi fisik anak ketika berpuasa. Segera batalkan puasa anak jika dia terlihat mengalami keluhan, puasa bisa dilanjutkan lagi setelahnya jika anak masih berminat dan kuat.

4. Berikan penghargaan
Jangan pelit memberikan pujian kepada anak, katakan “adik pintar puasanya bisa setengah hari,”. Dengan begitu anak semakin semangat untuk berpuasa bahkan bisa jadi berkeinginan berpuasa hingga Magrib.

5. Hindari pemberian materi
Tidak masalah memberikan dia berbagai penghargaan, namun sebaiknya hindari pemberian materi.

6. Masak makanan kesukaan
Jika anak berhasil berpuasa, berikan poin pada setiap pencapaiannya. Misalnya dengan memberikan stiker bintang ketika dia bisa berpuasa.

7. Jadi teladan
Orangtua adalah sebaik-baiknya panutan anak. Untuk itu ajarkan cara berpuasa yang benar tentunya dengan meniru orangtuanya.

8. Makan secukupnya
Ajarkan ketika berbuka tidak memasak atau membeli makanan berlebihan dan tidak pula makan berlebihan.

9. Salat Maghrib
Setelah mengajarkan anak berpuasa, lanjutkan juga dengan mengajarkan anak untuk ikut menjalani salat Magrib bersama serta salat tarawih. Dengan melihat, maka anak akan paham bahwa orangtua juga mempraktikkan hal yang Anda ajarkan pada mereka.

10. Hindari memaksa
Untuk mengajari si kecil sesuatu jangan pernah paksa mereka. Prinsip ini berlaku juga untuk belajar puasa. Semakin Anda memaksa, si kecil juga makin terpaksa menjalaninya. Yang terpenting adalah mereka tahu dan paham di saat mereka dewasa nanti berpuasa akan menjadi kewajiban yang harus dijalani.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7845 seconds (0.1#10.140)