Minuman Energi Bukan Solusi Atasi Ngantuk Saat Mudik Lebaran

Sabtu, 17 Juni 2017 - 13:21 WIB
Minuman Energi Bukan Solusi Atasi Ngantuk Saat Mudik Lebaran
Minuman Energi Bukan Solusi Atasi Ngantuk Saat Mudik Lebaran
A A A
JAKARTA - Minuman energi menjadi jenis minuman untuk menambah ketahanan tubuh. Bagi beberapa kalangan, minuman energi dikonsumsi dengan tujuan mencegah kantuk. Hal ini menjadi pilihan bagi pengemudi untuk tetap kuat dan tidak mengantuk saat mudik Lebaran. Sayang, hal itu tidak dibenarkan.

Ternyata mengkonsumsi minuman energi memiliki resiko besar, bisa memicu serangan jantung secara tiba-tiba. Selain itu tidak baik untuk pencernaan.

"Sebenarnya saya tidak menganjurkan untuk minuman energi untuk menghilangkan rasa kantuk dan tetap kuat diperjalanan sebab bisa menyebabkan serangan jantung mendadak," kata Dokter Spesialis Gizi Klini Dr Dian Permatasari di Jakarta.

Jika pun ingin meminuman berenergi, alangkah baiknya hanya sekali dan tidak berulang kali. Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu kesehatan tubuh selama dalam perjalanan.

"Cukup satu kali aja, jangan banyak-banyak, kalau sudah minum satu, tidak usah diminum lagi soalnya itu bisa menggangu sih," tegasnya.

Oleh karena itu, Dr Dian menganjurkan agar para pengemudi untuk lebih banyak beristirahat. Saat lelah, cari tempat istirahat terdekat serta rajin berolahrga sebelum melakukan perjalanan.

"Ya Pokoknya kalau capek, saya sih menganjurkan untuk cari peristirahatan yang dekat. Jadi bisa tidur dan kalau ngantuk jangan dipaksa untuk tetap jalan atau kalau sebelum berangkat bisa terlebih dahulu banyak berolahraga," sebutnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5972 seconds (0.1#10.140)