Waspada! Penyakit Ini Bisa Kambuh Saat Idul Fitri

Kamis, 22 Juni 2017 - 14:20 WIB
Waspada! Penyakit Ini Bisa Kambuh Saat Idul Fitri
Waspada! Penyakit Ini Bisa Kambuh Saat Idul Fitri
A A A
JAKARTA - Aneka makanan lezat dan istimewa selalu hadir saat Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang hingga sambal goreng ati. Tak heran jika hal ini membuat banyak orang lapar mata dan kalap saat makan.

Sayangnya, mengonsumsi makanan secara berlebihan bisa menyebabkan penyakit menjadi kambuh. Praktisi kesehatan RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam SPPD, KGEH, MMB, FINASIM mengatakan, penyakit tersebut dibagi menjadi tiga. Pertama, darah tinggi, asam urat dan gula darah.

Biasanya, penyakit tersebut muncul saat dan setelah Lebaran. "Mereka akan kambuh penyakitnya jika tidak memperhatikan makanan. Biasanya saat Lebaran, kadang makan tidak terkontrol dan bisa juga karena lupa minum obat," papar dr Ari.

Kedua, kelelahan akibat perjalanan mudik yang lama dan jauh membuat sejumlah orang mudah sakit. Kondisi ini pun diperparah dengan mengunjungi rumah saudara sehingga tenaga menjadi terkuras. "Kelelahan ini bisa memicu terjadi penyakit demam berdarah, batuk, pilek, daya tahan tubuh turun," jelasnya.

Sedangkan ketiga, penyakit ini muncul akibat tidak adanya asisten rumah tangga saat Lebaran. Pasalnya, tidak adanya asisten rumah tangga membuat sejumlah orang memilih mengonsumsi makanan yang diawetkan atau memanaskan makanan berulang kali hingga rentan terserang diare.

"Selain itu karena tidak ada pembantu rumah tangga menyebabkan juga lingkungan tempat tinggal kurang bersih. Hal ini akan menyebabkan seseorang mudah terserang diare," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6751 seconds (0.1#10.140)