Jangan Maksa Berkendara, Ini Tanda Tubuh Butuh Istirahat

Jum'at, 23 Juni 2017 - 04:14 WIB
Jangan Maksa Berkendara, Ini Tanda Tubuh Butuh Istirahat
Jangan Maksa Berkendara, Ini Tanda Tubuh Butuh Istirahat
A A A
JAKARTA - Guna perjalanan mudik nyaman sampai tujuan, pemudik dianjurkan untuk mengetahui kondisi tubuh. Pasalnya, kelelahan yang dialami saat berkendara bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Salah satu tanda tubuh mengalami kelelahan adalah frekuensi menguap yang meningkat. Perlu diketahui, menguap merupakan salah satu tanda seseorang mengalami mengantuk dan kondisi ini menandakan seseorang membutuhkan istirahat.

Jika menguap sudah diirngin dengan keluarnya air mata hingga seseorang mengusap mata, hal ini menandakan tubuh mengalami kantuk yang berat. Oleh karena itu, dr Andreas Prasadja RPSGT menyarankan untuk segera istirahat dan tidak memaksa melakukan perjalanan.

"Ingin terus-terusan menyandarkan kepala, ini menandakan kewaspadaan seseorang sudah mulai menurun. Terakhir, pengemudi melamun saat berkendara. Ia tetap mengendarai kendaraannya namun tiba-tiba seperti terkaget dan tidak menyadari bahwa kira-kira 10 menit yang lalu ia telah melewati jalan tertentu," kata dr Andreas.

Dikatakannnya, melamun saat berkendara disebabkan karena otak sudah tertidur akibat lelah. "Sebaiknya pada tahap ini pengemudi tidur dan beristirahat," tegasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0365 seconds (0.1#10.140)