Manfaat Pare untuk Diabetes dan Berat Badan

Senin, 10 Juli 2017 - 19:19 WIB
Manfaat Pare untuk Diabetes dan Berat Badan
Manfaat Pare untuk Diabetes dan Berat Badan
A A A
JAKARTA - Pare merupakan jenis sayuran yang mungkin dihindari. Ini karena rasanya yang cenderung pahit dan kurang sedap. Namun, tahukah Anda bahwa pare memiliki manfaat yang baik bagi tubuh?

Pare mengandung karantin dan polipeptida-P yang sangat mirip dengan insulin yang dapat membersihkan darah dan menurunkan berat badan.

Pare juga mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan kerusakan radikal bebas bagi mereka yang menderita diabetes. Oleh karena itu, pare baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin mengontrol diabetes atau menurunkan berat badan. Dikutip Boldsky, berikut olahan pare yang dapat Anda coba di rumah.

Untuk mengontrol diabetes:
1) Jus Pare
Bahan:
1 bh pare
Air secukupnya
Sedikit garam
Air dari ½ bh lemon

Cara membuat: Parut pare, sisihkan. Siapkan mangkuk masukkan air dan tambahkan garam ke dalamnya. Masukkan pare ke dalam mangkuk dan rendam selama 15 menit. Tiriskan air dan masukkan pare ke dalam blender, haluskan dengan tambahan air secukupnya. Saring dan minum dengan tambahan air jeruk lemon.

2) Jus Apel dan Pare
Bahan:
1 bh pare
1 bh apel
½ sdt air jeruk lemon
Air secukupnya
Sedikit bubuk lada hitam
Sedikit garam

Cara membuat: Kupas dan parut pare, rendam di dalam air garam selama 15 menit. Sementara itu, kupas dan potong apel kotak-kotak, sisihkan. Saring pare dan masukkan ke dalam blender bersama dengan apel dan air secukupnya, haluskan. Saring kembali jus apel dan pare kemudian minum.

Untuk menurunkan berat badan:
1) Jus Pare dan Wortel
Bahan:
1 bh pare
½ bh wortel
1 gelas air
Garam secukupnya
Air jeruk lemon (opsional)

Cara membuat: Parut pare dan wortel, kemudian masukkan ke dalam blender bersama dengan air dan garam, haluskan. Saring dan minum jus dengan tambahan air jeruk lemon jika suka.

2) Jus Pare dan Nanas
Bahan:
1 bh pare
1 mangkuk potongan buah nanas
½ mangkuk mentimun
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat: Kupas dan parut pare, masukkan ke dalam blender bersama dengan potongan nanas dan mentimun. Tambahkan sedikit air dan haluskan. Saring jus dan minum.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6325 seconds (0.1#10.140)