Imunisasi Campak dan Rubella Akan Diberikan mulai Agustus

Rabu, 19 Juli 2017 - 18:44 WIB
Imunisasi Campak dan Rubella Akan Diberikan mulai Agustus
Imunisasi Campak dan Rubella Akan Diberikan mulai Agustus
A A A
JAKARTA - Guna mengatasi measles rubella (MR) atau campak dan rubella, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memasukkan vaksin MR dalam program imunisasi nasional. Pemberian vaksin ini dijadwalkan dimulai pada Agustus hingga September untuk Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa pada tahun selanjutnya.

Imunisasi MR diperuntukkan bagi anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Pemberian imunisasi dimulai dalam dua fase.

Fase pertama Agustus untuk SD/MI/SMP/MTS atau sederajat. Sedangkan fase kedua dilakukan di posyandu, puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya untuk bayi dan anak yang belum bersekolah serta anak usia sekolah, namun tidak bersekolah.

"Imunisasi MR akan ditambahkan ke campak, tidak menambah suntikan baru. Sasarannya anak dari usia 9 bulan hingga 15 tahun atau setara dengan kelas 3 SMP karena 89% kasus rubella terjadi pada anak dibawah 15 tahun," kata Dirjen Penjegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Dr. H. M. Subuh MPPM di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Kemenkes menargetkan imunisasi MR mencakup enam provisi di pulau Jawa, yakni meliputi 119 kabupaten/kota dan 3579 puskesmas. Selain itu pemberian imunisasi ini menargetkan lebih dari 95% dari jumlah 34 juta sasaran imunisasi 2017.

Seperti diketahui, campak dan rubella merupakan infeksi menular melalui saluran bernapasan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan hingga kematian. Oleh karena itu, Subuh menekankan pentingnya imunisasi MR dan bersifat wajib. Pemberian imunisasi pun bisa diberikan meski anak-anak sudah mendapatkan imunisasi campak.

"Tujuan imunisasi MR untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap campak rubella, cepat memutuskan transmisi campak rubella, menurunkan angka kesakitan dan kejadian. Kita targetkan Indonesia bisa bebas rubella pada 2020," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6917 seconds (0.1#10.140)