Bunda, Ini Pentingnya Imunisasi Campak & Rubella untuk Si Kecil

Kamis, 20 Juli 2017 - 08:18 WIB
Bunda, Ini Pentingnya Imunisasi Campak & Rubella untuk Si Kecil
Bunda, Ini Pentingnya Imunisasi Campak & Rubella untuk Si Kecil
A A A
JAKARTA - Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dr. H. Muhammad Subuh, MPPM menegaskan pentingnya imunisasi measles rubella (MR). Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti diare berat, radang paru, radang otak, radang telinga, kecacatan hingga kematian.

"Gejala campak kelihatan sepele. Seperti demam, bercak merah, batuk, pilek, konjungtivitis, mata merah. Komplikasi campak ini bisa radang paru, radang otak, radang telinga, diare berat, dehidrasi hingga kematian," papar Subuh di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Sama halnya seperti campak, rubella atau campak jerman merupakan penyakit yang mudah menular. Gejala penyakit ini pun terlihat ringan seperti demam, bahkan tidak menimbulkan gejala. Namun yang paling ditakutkan dari virus ini adalah sindroma rubella kongenintal yang dialami oleh ibu hamil pada awal kehamilan.

"Insiden tertinggi rubella terdapat di usia 3 sampai 10 tahun. Tingkat penularannya tinggi. Penyakit ini bisa menyebabkan keguguran mendadak hingga kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Sindrom ini bisa menimbulkan kelainan bawaan seperti gangguan mental atau retardasi mental, kelaianan jantung, otak, tuli dan kebutaan," jelasnya.

Namun penyakit ini bisa dicegah dengan cara pemberian vaksin atau imunisasi. Pemberian imunisasi ini pun bisa diberikan meski anak-anak sudah mendapatkan imunisasi campak. Sementara Kemenkes akan melaksanakan imunisasi MR pada bulan Agustus mendatang.

"Tujuan imunisasi MR untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap campak rubella, cepat memutuskan transmisi campak rubella, menurunkan angka kesakitan dan kejadian," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5695 seconds (0.1#10.140)