7 Cara Merawat Rambut Berminyak

Sabtu, 22 Juli 2017 - 22:03 WIB
7 Cara Merawat Rambut Berminyak
7 Cara Merawat Rambut Berminyak
A A A
JAKARTA - Merawat rambut berminyak tentu bukan hal yang mudah, khususnya ketika ingin mencuci rambut. Pasalnya sering mencuci rambut terbukti membuat rambut semakin berminyak. Sebaliknya, jarang dicuci bisa membuat tidak percaya diri.

Dikutip Boldsky, ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merawat rambut berminyak sehingga Anda tetap tampil cantik dan nyaman. Selamat mencoba!

1. Beli produk rambut bebas silicon
Sebagian besar produk rambut, mulai sampo hingga kondisioner atau volumizer mengandung silikon. Silikon membuat rambut tampak berat dan berminyak dan menarik debu serta polusi. Jadi, mulailah menggunakan produk rambut organik, herbal atau buatan sendiri yang tidak memiliki kandungan silikon, Anda akan melihat perubahan besar pada rambut berminyak dan kulit kepala.

2. Ganti sisir
Jika Anda terus menggunakan sisir rambut yang sama, debu pada sisir tersebut akan berkumpul pada rambut dan membuat rambut semakin berminyak. Sebagai alternatif, coba ganti sisir Anda secara berkala dan Anda akan melihat minyak rambut Anda menjadi semakin berkurang.

3. Jangan gunakan tanggan pada rambut
Kebiasaan yang sangat umum di kalangan wanita adalah seringkali menyentuh dan menyisir rambut dengan tangan. Semakin Anda melakukan ini, semakin banyak kotoran dari tangan yang pindah ke rambut dan kulit kepala sehingga membuatnya menjadi berminyak.

4. Dry shampoo adalah suatu keharusan
Dalam menggunakan dry shampoo, jangan hanya menyemprotnya di rambut saja, tapi pastikan untuk meletakkannya di semua bagian.

5. Ubah jadwal keramas
Sering mencuci rambut membuat rambut dan kulit kepala menjadi berminyak. Setiap mencuci rambut, minyak rambut alami Anda akan hilang dan dengan demikian, kulit kepala menghasilkan minyak alami baru untuk diseimbangkan.

Jadi, penting untuk menjaga jarak yang sehat dalam jadwal mencuci rambut sehingga sampo hanya membersihkan debu rambut dan tidak menghilangkan minyak alami.

6. Gunakan bedak atau tepung jagung
Bedak tabur bayi atau tepung jagung adalah salah satu solusi tradisional bagi rambut berminyak. Ambil saja sesendok bedak atau tepung jagung di telapak tangan dan aplikasikan ke akar rambut sambil dipijat. Hal ini berfungsi untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan ekstra minyak pada rambut dan kulit kepala.

7. Mengubah belahan rambut
Cara ini tentu kerap kali disarankan oleh ibu dan nenek. Benar saja, mengubah belahan rambut adalah cara yang baik untuk mengobati masalah rambut berminyak. Dengan begitu, Anda rambut akan terkesan segar tanpa terasa berminyak.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3623 seconds (0.1#10.140)