Semua Penyakit Degeneratif Disebabkan oleh Obesitas

Senin, 24 Juli 2017 - 15:19 WIB
Semua Penyakit Degeneratif Disebabkan oleh Obesitas
Semua Penyakit Degeneratif Disebabkan oleh Obesitas
A A A
JAKARTA - Spesialis gizi klinik Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK menjelaskan bahwa penyakit di Indonesia tengah terjadi pergeseran dari penyakit infeksi menjadi penyakit degeneratif. Degeneratif merupakan kondisi di mana sel dalam tubuh perlahan-lahan mengalami penuaan kemudian rusak dan secara perlahan muncul penyakit.

"Seringkali ini timbul karena pola hidup yang salah, sehingga terjadi diabetes, penyakit jantung koroner, sumbatan pembuluh darah jantung, hipertensi, stroke, dan penuaan dini," papar dr Samuel saat ditemui di kawasan Brawijaya, Jakarta.

Sementara penyakit degeneratif tersebut berasal dari kegemukan atau obesitas. Sedangkan mereka yang tidak mengalami obesitas, lebih berisiko kecil terserang penyakit degeneratif. Oleh karena itu, dr Samuel menekankan pentingnya menjaga pola hidup sehat.

"Segala penyakit degeneratif awalnya bisa disebabkan oleh kegemukan. Karena kegemukan problemnya kemana-mana. Kalau nggak gemuk, problemnya kecil. Itu pun harus dijaga. Pola hidup yang pertama adalah makan. Jangan sampai segala penyakit timbul karena makanan, stres, kurang istirahat, malas bergerak dan yang paling sulit dihindari adalah merokok," jelasnya.

"Makan junk food harus dihindari. Di bandara, orang berebutan naik eskalator dan datar pula sambil bawa koper. Padahal mereka abis duduk berjam-jam di pesawat. Kalau bawa bagpack seharusnya ya pilih tangga biasa. Belum lagi kebiasaan yang buruk itu kerjaannya nonton tv pakai remot sambil tiduran dan nggak ada aktivitas. Itu pola hidup yang salah," tambahnya.

Meski demikian, menjalani pola hidup sehat mudah. Di mana bisa dilakukan dengan cara membentuk kebiasaan dan adanya motivasi sehingga tubuh sehat dan bugar. "Cara tubuh sehat dan bugar itu gampang bagi yang punya motivasi. Kalau mau pola hidup sehat, kebiasaanya itu harus dibentuk dan kuncinya itu harus dibentuk dan kuncinya cuma motivasi," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.6151 seconds (0.1#10.140)