Studi: Anak Lahir Caesar Berisiko Mengalami Alergi

Selasa, 25 Juli 2017 - 06:01 WIB
Studi: Anak Lahir Caesar...
Studi: Anak Lahir Caesar Berisiko Mengalami Alergi
A A A
JAKARTA - World Allergy Organization menyatakan ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan beberapa anak lebih berisiko mengalami alergi. Salah satunya lantaran dilahirkan melalui operasi caesar.

Awalnya dijelaskan World Allergy Organization bahwa anak lebih berisiko mengalami alergi sebesar 4-6% sedangkan pada orang dewasa sebesar 1-3%. Umumnya, anak lebih berisiko mengalami alergi jika memiliki riwayat penyakit atopik dalam keluarga.

"Seperti dermatitis atopik, asma atau rhinitis alergi dari setidaknya salah satu orangtua atau saudara kandung," papar konsultas imunulogi Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews.

Selain faktor genetik, faktor lain yang menyebabkan anak lebih berisiko mengalami alergi adalah penggunaan antibiotik saat persalinan hingga terpapar asap rokok.

Data Allergy & Asthma Foundation of America mengungkapkan alergi protein susu sapi merupakan salah satu alergi makanan yang paling banyak terjadi pada anak-anak. Studi ini dilakukan di beberapa negara di seluruh dunia.

"Pravelensi protein pada anak-anak di tahun pertama kehidupan sekitar 2% sampai 7,5%. Angka ini tentunya diikuti risiko yang mungkin mengancam si kecil di masa depan," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)