Kurang Minum, Anak pun Bisa Gagal Ginjal

Selasa, 25 Juli 2017 - 20:22 WIB
Kurang Minum, Anak pun Bisa Gagal Ginjal
Kurang Minum, Anak pun Bisa Gagal Ginjal
A A A
JAKARTA - Kurang minum bisa menyebabkan gagal ginjal. Tidak saja pada mereka yang sudah dewasa, tetapi juga anak-anak.

"Kurang minum itu akan meningkatkan resiko untuk kencing manis dan bisa gagal ginjal. Harusnya kita tanamkan minum air karena frekuensi minum itu sangat mempengaruhi," kata Perwakilan Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr. Budi Wiweko, Sp.OG, di Jakarta.

Dehidrasi yang terjadi pada anak akan membuat tubuh mengalami inflamasi sehingga beberapa sel dalam tubuh mengalami gangguan pencernaan dan peradangan.
"Kalau jangka panjang bahwa status hidrasi itu juga dipengaruhi metobolisme atau adanya proses inflamasi atau ada peradangan pada pencernaan," tegasnya.

Untuk itu, para orang tua harus peduli dalam meningkatkan kebutuhan air putih bagi anak sehingga si kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup.

"Orang tua pun harus peduli dan terus membuat anak untuk mendapatkan konsumsi cairan, apalagi anak memiliki ragam aktivitas," paparnya.

Sementara, anak-anak yang cukup mengkonsumsi air putih pun berpengaruh pada kesehatan. Bahkan, dapat meningkatkan kecerdasan anak. Ini karena air putih membentuk jaringan sel otak yang membuat anak menjadi lebih cerdas.

"Iya pastinya (air putih dibutuhkan) soalnya dalam membentuk pola pertumbuhan anak, seperti perkembangan anak itu sendiri. Dalam hal ini air putih itu sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dalam tubuh termasuk sel-sel otak jadi mempengaruhi kognitifnya," jelas Dr Budi.

Untuk anak berusia 4 sampai 8 tahun disarankan minum air putih sebanyak 1,5 liter per hari agar kesehatan tubuhnya meningkat.

"Kebutuhan air minum dilihat dari usia kalau SD dan Paud itu 1,5 liter satu gelas itu 200 cc enam gelas per hari. Kalau dia aktivitas, lebih tentu boleh satu atau dua gelas dan kalau demam itu harus minum lebih banyak lagi," tukasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4786 seconds (0.1#10.140)