Mangga Dapat Mengontrol Penyakit Diabetes?

Sabtu, 05 Agustus 2017 - 21:31 WIB
Mangga Dapat Mengontrol Penyakit Diabetes?
Mangga Dapat Mengontrol Penyakit Diabetes?
A A A
JAKARTA - Sebelum munculnya berbagai pengobatan modern seperti sekarang, orang kerap menggunakan bahan alami seperti buah, sayuran, rempah-rempah, bunga, akar, dan sebagainya untuk mengobati sejumlah penyakit. Bahan-bahan alami tersebut memang bekerja dengan baik.

Namun tahukah Anda bahwa mangga adalah salah satu buah yang menjadi pilihan untuk pengobatan?

Mangga dikenal sebagai buah yang kaya akan berbagai nutrisi dan mineral sehingga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti menurunkan kolesterol tinggi, mengurangi jerawat, memperbaiki kesehatan mata, memungkinkan kesehatan seksual, memperbaiki kesehatan jantung, mencegah stroke, dan yang lainnya.

Sebuah studi penelitian, baru-baru ini mengatakan seiring dengan manfaat kesehatan yang disebutkan di atas, mangga juga dapat mengendalikan diabetes.

Banyak penderita diabetes yang cenderung menghindari mengkonsumsi mangga, namun ternyata penelitian ini bisa memberi mereka perspektif yang berbeda.

Lalu, bagaimana mangga bisa mengontrol diabetes? Seperti yang diketahui, diabetes merupakan penyakit metabolik serius yang umumnya menyerang mereka yang berusia di atas 50 tahun. Hal terburuk tentang diabetes adalah penyakit ini hanya bisa diobati dan dikendalikan, tapi tidak pernah bisa disembuhkan.

Diabetes dapat digambarkan sebagai kondisi, di mana kadar gula darah menjadi sangat tinggi karena tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, mengakibatkan sejumlah gejala negatif. Beberapa gejala diabetes meliputi, penurunan berat badan, sering buang air kecil, menurunkan imunitas, kelelahan, menurunkan kapasitas pembekuan darah dan yang lainnya.

Kini, penelitian yang dipublikasikan di jurnal FASEB di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mangga mungkin memiliki kemampuan untuk mengendalikan diabetes dan gejala yang tidak diinginkan. Hal ini karena mangga mengandung vitamin A dan kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengurangi respons inflamasi organ dalam pada pasien diabetes.

Dilansir Boldsky, mangga juga dapat menjaga kadar glukosa dalam darah penderita diabetes dan mencegahnya dari spiking sehingga menjaga penyakit ini terkendali.
Selain dengan mengkonsumsi mangga secara teratur, penting pula bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi obat diabetes yang sesuai dengan resep dari dokter.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6303 seconds (0.1#10.140)