Kurang Olahraga Bikin Tubuh Gampang Terkena Penyakit Flu

Senin, 07 Agustus 2017 - 01:30 WIB
Kurang Olahraga Bikin Tubuh Gampang Terkena Penyakit Flu
Kurang Olahraga Bikin Tubuh Gampang Terkena Penyakit Flu
A A A
JAKARTA - Kebiasaan masyarakat Indonesia yang kurang aktif berolahraga membuat mereka gampang terserang beberapa penyakit. Salah satunya adalah flu.

Medical Manager PT Kalbe Farma Tbk, dr Helmin Agustin menyebut bahwa kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini tergolong kurang aktif sehingga daya tahan tubuh menurun dan rentan sakit termasuk terserang virus inzluenza yang menyebabkan flu dan batuk. Melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang kurang aktif, Kalbe mensosialisasikan Senam BuGar (Budaya Olahraga dan Tari) yang bertujuan untuk menguatkan otot saluran pernafasan.

"Gerakan yang ditonjolkan ini akan melatih otot dada dab perut serta kekuatan otot dari kepala sampai kaki sehingga tubuh kita dilatih untuk lebih bugar dan daya tahan tubuh lebih baik," ungkapnya saat ditemui dalam acara "Mixagrip Explore Budaya Indonesia", di Jakarta, Minggu (6/8/2017).

Dirinya pun menjelaskan bahwa untuk melatih otot pernafasan atas dan imunitas tubuh diperlukan olahraga yang rutin 150 menit dalam 1 minggu sehingga tubuh akan lebih bugar. Salah satunya adalah melalui senam. Senam yang baik dan efektif itu dilakukan selama 30 menit dan melalui tiga tahap yaitu tahapan pemanasan, tahapan pernapasan dan yang terakhir perenggangan.

"Nah kalau yang pemula jangan langsing terlalu sering nanti bisa sakit jadi pelan-pelan saja dan bertahap," katanya.

Masyarakat Indonesia memiliki banyak kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Terdapat lima provinsi dengan ISPA tertinggi, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar 41,7%, Papua dengan 31,1%, Aceh 30%, NTB dan Jawa Timur sebesar 28,3%. Untuk itu menjalankan rutinitas berolahrga penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8521 seconds (0.1#10.140)