Awas! Kurang Tidur Bikin Cepat Lapar

Rabu, 09 Agustus 2017 - 09:20 WIB
Awas! Kurang Tidur Bikin Cepat Lapar
Awas! Kurang Tidur Bikin Cepat Lapar
A A A
JAKARTA - Tidur yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, termasuk keseimbangan fungsi tubuh, terutama otak dapat dijaga. Untuk usia dewasa, idealnya tidur tujuh hingga delapan jam. Oleh karena itu, tidur penting untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari BBC, namun, jika seseorang tidak cukup tidur maka bisa menyebabkan berbagai macam masalah. Salah satunya perubahan nafsu makan seperti halnya yang diungkapkan oleh peneliti dari University of Leeds.

Pemimpin penelitian, dr Eleanor Scott melakukan penelitian kepada responden dengan mengikuti jadwal tidur tertentu. Selama dua malam, responden diminta tidur normal, dua malam kemudian tidur tiga jam lebih telat dari biasa dan dua malam terakhir tidur kapan saja.

Selanjutnya, selama penelitian berlangsung, tingkat aktivitas dan gula darah setiap responden diukur. Hasilnya pun diketahui, ketika responden kekurangan tidur maka nafsu makan memuncak. Gula darah naik hingga sama seperti penderita diabetes tipe 2.

Menurut dr Eleanor, hal ini disebabkan oleh pengaruh kurangnya tidur terhadap hormon tubuh. "Ketika kita kurang tidur maka nafsu hormon yang mengatur nafsu makan akan terpengaruh. Dampaknya kita akan lebih mudah merasa lapar dan sulit kenyang," papar dr Eleanor.

"Selain itu bila Anda masih bangun padahal seharusnya sudah tidur maka hormon stres, kortisol, akan meningkat. Hal ini juga bisa memengaruhi gula darah Anda esok harinya," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5977 seconds (0.1#10.140)