Penderita Diabetes Penyebab Utama Gagal Ginjal

Kamis, 17 Agustus 2017 - 02:32 WIB
Penderita Diabetes Penyebab Utama Gagal Ginjal
Penderita Diabetes Penyebab Utama Gagal Ginjal
A A A
JAKARTA - Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi menyaring cairan dan membuang zat-zat sisa dalam darah dalam bentuk urine melalui saluran kemih. Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting, khususnya bagi penderita diabetes.

Penderita diabetes menjadi penyebab utama terkena penyakit gagal ginjal kronis. Perhimpunan Nefroligi Indonesia Dr Tunggal Situmorang SpPD-KGH mengatakan dua faktor penyebab gagal ginjal kronis adalah diabetes. Alasannya, diabetes merupakan penyakit yang menganggu semua organ tubuh.

"Diabetes itu menganggu semua sistem organ di dalam tubuh. Misalnya kalau gulanya tinggi, itu pasti akan mengalami gagal ginjal," kata Dr Tunggal di Jakarta, Rabu (16/7/2017) .

Selain diabetes, tekanan darah tinggi juga menjadi penyebab utama gagal ginjal. Hal ini membuat fungsi ginjal terganggu dan menimbulkan gagal ginjal yang kronis.

"Tinggi tekanan darah memicu fungsi ginjal di dalam tubuh. Jadi harus mengontrol tekanan darah," tegasnya.

Data Renal Registry di 2014 mencatat, pasien gagal ginjal kronis banyak terjadi pada usia produktif, yakni di bawah 55 tahun dengan insiden tahunan sebanyak 35 ribu kasus pada cuci darah.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4255 seconds (0.1#10.140)